PEMBELAJARAN PROBLEM BASE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHASISWA PADA MATERI KOLOID

Muklis Muklis

Abstract


Penelitian penerapan pembelajaran model tertentu merupakan salah satu alternatif bagi pengajar untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa mempelajari suatu materi. Misalnya dengan pembelajaran model Problem Base Learning pada materi koloid. Model pembelajaran ini sangat membantu  mahasiswa memahami dan menguasai konsep-konsep materi berkaitan dengan materi bersifat abstrak.  Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia UIN Ar- Raniry Aceh, dengan menggunakan one group pretest and postest design. Subjek penelitian sebelum diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Problem Base Learning, terlebih dahulu dilakukan pretest, dan selanjutnya setelah pembelajaran dilakukan postest bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mahasiswa. Berdasarkan hasil observasi awal, menemukan, kemampuan mahasiswa mempelajari materi koloid masih sangat minim, khususnya tentang sifat koloid dan sistem koloid. Secara mendalam.  Kekeliruan juga terjadi ketika menjelaskan gerakan partikel koloid atau pada gerak Brown, efek Tyndall dan luas permukaan. Subjek penelitian adalan mahasiawa Pendidikan Kimia berjumlah 32 orang dan teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian uji thitung­ pada taraf signifikansi 95% yaitu yaitu 20,08, sehingga thitung­˃ ttabel­ atau 20,08 ˃ 1,70. Sebagai kesimpulan, , pembelajaran dengan model Problem Base Learning  dapat meningkatkan kemampuan peserta didik mempelajari materi koloid, walaupun persentase N-Gain yaitu 69,98 termasuk kategori sedang.


Full Text:

PDF

References


Adesoji, F.A, 2008. Students’ Ability Levels and Effectiveness of Problem Solving Instructional Strategy. Journal Social Sciences,17(1):5-8.

Chang, R. 2005. Kimia Dasar Jilid I. Jakarta: Erlangga

Diyas, Devi, (2012). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran IPA Kelas VII SMA Negeri 5 Sleman, Skripsi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta

Mulyasa, E, 2005 Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep Karekteristik dan Implementasi, Bandung: Rosdakarya.

Nurhadi, dkk, 2003. Pembelajaran Konstektual Teaching dan Penerapannya dalam KBK, Malang: Universitas Negeri Malang.

Undang-Undang, 2003. Sistem Pendidikan Nasional, No 20 Tahun 2003

Subiyanto. 2005. Evaluasi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Jakarta: Depdikbud, Dirjen Pendidikan Tinggi.

Suriansyah, A,. Dkk. 2010. Startegi Pembelajaran, Jakarta: PT. Raja Grasindo.

Trianto, 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konsrtruktivistik, Jakarta: Prestasi Pustaka

Shoimin, A, 2014. Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yokyakarta: AR-Ruz Media.

Kamdi. 2007. Model Pembelajaran Problem Based Learning (online) tersedia: http://www.sekolahdasar.net/2011/10/model-pembelajaran-problem-based.html?m-1 (diakses, 15 Januari 2018)

Petrucci, Ralph H.1987. Kimia Dasar:Prinsip dan Terapan Modern (Alih Bahasa Suminar Achmadi,Ph.D), Jakarta: Erlangga.

Purba, M. 2006. Kimia Untuk SMA Kelas XI. Erlangga. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v6i1.4349

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0