STRUKTUR VEGETASI TUMBUHAN DIKAWASAN HUTAN DEUDAP PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESAR

Dara Ayu Latifah, Fakri Fakri, Desi Lisma, Dahliana Dahliana, Eva Nauli Taib

Abstract


Pulo Nasi merupakan salah satu pulau yang terletak di Kecamatan Pulo Aceh, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh. Monitoring terhadap perubahan struktur dan komposisi vegetasi harus dilakukan secara berkala agar diketahui kondisi umum ekosistem di sekitarnya. Salah satu cara untuk memantau perubahan struktur dan komposisi vegetasi dilakukan melalui struktur vegetasi. Observasi dilakukan dengan cara pengamatan secara langsung pada lokasi penelitian dan identifikasi dilakukan di Laboratorium Pendidikan Biologi FTK Uin Ar-Raniry. Tempat dan Waktu  Penelitian ini dilakukan di kawasan Glee Nipah Deudap Pulo Nasi, Kecamatan Pulo Aceh, Kabupaten Aceh Besar, pada hari kamis tanggal 2 Mei 2019. hasil penelitian ditemukan 42  spesies tumbuhan di kawasan pegunungan Deudap Pulau Aceh dengan tumbuhan yang mendominasi adalah Linthocarpus densiflorus, Eurycoma longifolia, Derris elliptica, Polyaithia lateriflora dan Mallatus brachythyrsus. Adapun Indek Nilai Penting (NP) yang didapat yaitu 300,003. Dominasi Relatif 100,000, Dominasi Mutlak 14,229, Kerapatan Mutlak 0,123, Kerapatan Relatif 99,729. Adapun tumbuhan ditemukan 38 spesies dengan tumbuhan yang mendominasi adalah Pterocarpus offcinalis, Pterocarpus indicus, Tryobalanops oblongipolia, Syzgium cumini, Alstonia angustirola, dan Pterocorpus macrokarpus. Adapun Indek Nilai Penting (NP) yang didapat untuk tumbuhan yaitu 299,729.

Full Text:

PDF

References


Salim, A., 2013, “Keberdaan Hutan Pantai dan Mangrove Pulo Aceh dan Fungsi Mangrove Kearifan Lokal”, Artikel.

Arrijani, dkk., 2006, Analisis Vegetasi. Hulu DAS Cianjur Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango

Tjitrosoepomo, G., 2007, Morfologi Tumbuhan, Yogyakarta: UGM Press.

Greig, dan Smith. 1983. Quantitative Plant Ecology. Oxford: Blackwell Scientific Publications.

Kusmana, C. 1997. Ekologi dan Sumberdaya Ekosistem Mangrove. Bogor: Jurusan Manajemen Hutan Fakultas Kehutanan IPB

Ismaini, L., 2015. Analisis Komposisi dan Keanekargaman Tumbuhan di Gunung Dempo Sumatera Selatan, Prosiding Seminar Nasional Biodiversitas Indonesia, Vol. 1, No. 6.

Odum, E. P. 1993. Dasar-Dasar Ekologi Edisi ke III. Yogyakarta: Gadjah Mada Press.

Syafei., 1990, Dinamika Populasi: Kajian Ekologi Kuantitatif, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan,

Destaranti, Nadia, dkk. 2017. Struktur Dan Vegetasi Tumbuhan Bawah Pada Tegakan Pinus Rph Kalirajut Dan Rph Baturraden Banyumas.Volume:4.Nomor:3.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v8i1.9420

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0