ANALISIS STOK KARBON TANAH DI GLEE NIPAH PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESAR

Herlisa Syafira, Irhamdi Irhamdi, Indah Mulya Pertiwie

Abstract


Hutan adalah sebuah kawasan yang ditumbuhi dengan pepohonan dan tumbuhan yang lebat. Hutan berfungsi sebagai penampung karbon dioksida habitat hewan, modulator arus hidrologika, serta pelestari tanah. Karbon merupakan salah satu unsur alam yang memiliki lambang C. Karbon juga merupakan salah satu unsur utama pembentuk bahan organik termasuk makhluk hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui stok karbon pada pohon di Gleen Nipah, Pulo Aceh, Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Transek. Pengambilan sampelnya dilakukan dengan survey eksploratif. Hasil yang didapatkan pada 5 titik lokasi penelitian sesuai dengan keadaan hutan primer, dari ke lima titik  tersebut terdapat 2 titik yang memperoleh hasil terbanyak, diantaranya adalah titik 3 dan titik 4 dengan hasil 26295,08197 dan 214,4262295.


Full Text:

PDF

References


Fahrudin, L., 2004. Komposisi Jenis Vegetasi Pada Hutan Sekunder Di Sekitar Kawasan Taman Nasional Lore Lindu Desa Rompo Kecamatan Lore Tengah Kabupaten Poso Sulawesi Tengah, Skripsi, Program Studi Manajemen Hutan Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Tadulako, Palu.

Hilmi, E dan Kusmana, C. 2008. Model Pendugaan Potensi Karbon Flora Bakau. Bogor: Fahutan IPB.

Hairiah, K & Rahayu, S. 2007. Pengukuran karbon tersimpan di berbagai macam penggunaan lahan. (Bogor :World Agroforestry Centre - ICRAF, SEA Regional Offic).

Latifah, S. 2004. Pertumbuhan Hasil Tegakan Eucalyptus Grandds Di Hutan Tanaman Industry. ITI Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian. Medan. Universitas Sumatera Utara.

Khiatudin, M, 2003. Melestarikan Sumber Daya Air dan Teknologi Rawa Buatan Cetakan ke-2.Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada Press.

Maulida, Dkk. 2018.”Estimasi Biomassa (Estimasi Stok Karbon) Pada Pohon Di Kawasan Hutan Sekunder Deudap Pulo Nasi, Kecamatan Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar”. Prosiding Seminar Nasional Biotik.

Rossidy. 2008. Fenomena Flora dan Fauna dalam Perspektif Al-Qur’an. Malang: UIN Press.

Rahayu S. 2007. Pengukuran Karbon Tersimpan di Berbagai Macam Penggunaan Lahan, Bogor: World Agroforestry Centre.

Supriadi, 2011. Hukum Kehutanan dan Hukum Perkebunan. Jakarta: Sinar Grafika.

Yuanita Windusari, dkk. 2012. “Dugaan Cadangan Karbon Biomassa Tumbuhan Bawah Dan Serasah Di Kawasan Suksesi Alami Pada Area Pengendapan Tailing Pt Freeport Indonesia”. Jurnal Biospecies. Vol. 5, No. 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v8i1.9426

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0