KARAKTERISTIK SERANGGA ORDO PTHIREPTERA (KUTU) PADA KAMBING (Capra aegagrus hircus) DAN DOMBA (Ovis aries) ACEH BESAR

Khaula Khaula, Samsul Kamal, Isfanda Isfanda

Abstract


Penelitian tentang Karakteristik morfologi serangga ordo Pthiraptera pada hewan mamalia Kambing (Capra aegagrus hircus) dan Domba (Ovis aries) asal Aceh Besar telah dilakakukan bulan Febuari 2020. Umumnya masyarakat memiliki peternakan diantaranya yaitu peternakan kambing (Capra aegagrus hircus) dan domba (Ovis aries), dalam pemeliharaan hewan ternak terutama kambing dan domba memiliki berbagai macam kendala, satu diantaranya yaitu ektoparasit yang mengganggu perkembangan hewan ternak kambing dan domba. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik serangga ordo Pthiraptera (kutu) pada hewan ternak kambing dan domba yang menjadi ektoparasit. Spesies dari ordo Pthiraptera yang menjadi ektoparasit pada kambing yaitu Linognathus vituli dan Domalinia bovis sedangkan pada domba yaitu Domalinia ovis. Metode penelitian yang digunakan adalah survey eksploratif dan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Objek dalam penelitian ini yaitu spesies dari ordo Phtiraptera yang terdapat pada hewan ternak kambing (Capra aegagrus hircus) dan domba (Ovis aries). Identifikasi ini dilaksanakan di Laboratorium histologi Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala Banda Aceh pada bulan Februari 2020.

Full Text:

PDF

References


Awaludin, Aan dkk. 2017. “Identifikasi Morfologi Haematopinus sp. pada Sapi Limousin Asal Karanganyar dan Sapi Fries Holland (FH) Asal Boyolali”. Jurnal Ilmiah Inovasi. Vol.17. No.3.

Kristin NK, Firna. 2014. “Infestasi Kutu Pada Kerbau Albino (Bubalus bubalis) Di Desa Sukamaju Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor”. Tesis Sekolah Pscasarjana Institut Pertanian Bogor.

Manurung, J. 2003. “Studi Peranan Kutu Damlinia ovis terhadap Kegundulan Bulu Domba (Studi Kasus)”.Puslitbang Peternakan Bogor.

Orisa, mira. dkk. 2014. “Sistem Pkar Diagnosis Penyakit Kambing Berbasis WEB Menggunakan Metode Certainty Factor”.Jurnal EECCIS. Vol.8. No.2.

Poedji, Hastutiek, dkk., 2017. “Pola Infestasi Kutu Pada Itiek Pertelur di Desa Kramat Kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan”. Jurnal Of Parasite Science, Vol.01, No.02.

Reza, Muhammad, dkk. 2017. “Karakteristik lingkungan terhadap komunitas serangga”, Journal of Natural Resources and Environmental Management, Vol, 9 No,2. hal 394-404.

Shihab, M. Quraisy. 2002. Tafsir Al-Mishbah Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an (Jilid 2). Jakarta: Lentera Hati.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v8i1.9428

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0