STRUKTUR KOMUNITAS BENTHOS DI PERAIRAN PANTAI KACA KACU GAMPONG DEUDAP PULO ACEH

Nujul Rahma, Nur Aida Saputri, Nur Aifa Zahara

Abstract


Gampong Deudap merupakan salah satu gampong yang terdapat di Pulo Aceh  yang terletak di Kabupaten  Aceh  Besar, Provinsi Aceh. Pulo Aceh, tepatnya di pantai Kaca Kacu Gampong Deudap memiliki panorama laut yang indah serta memiliki biota perairan yang sangat beragam salah satunya yaitu Benthos. Benthos adalah organisme yang hidup dipermukaan atau didalam sedimen dasar suatu badan air. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui struktur komunitas benthos di pantai Kaca Kacu Gampong Deudap Kecamatan Pulau Aceh, Aceh Besar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode destruktif sampling dan nondestruktif sampling yang dilakukan secara langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keanekaragaman spesies Benthos di pantai Kaca Kacu Gampong Deudap Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh tergolong tinggi dengan nilai keanekaragaman 3,1680. Indeks keseragaman tergolong labih dan cukup merata dengan nilai 0,88405 sedangkan indeks dominansinya tergolong rendah yaitu 0,0570 (tidak ada famili yang mendominasi).


Full Text:

PDF

References


Dahuri, Rokhmin. 2003. Keanekaragaman Hayati Laut. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Effendi. 2003. Telaah Kualitas Air Bagi Pnegelolaan Seumber Daya dan Lingkungan Perairan. Jakarta: Erlangga.

Ferianita, Fachrul. 2006. Metode Sampling Bioekologi. Jakarta: Bumi Aksara.

Hutabarat, Sahala. 2012. Pengantar Oseanografi. Jakarta: Erlangga.

Satino. 2011. Diktat Kuliah Biologi Perairan. Yogyakarta : FMIPA UNY.

Veronika, Yunita. 2012. Struktur Komunitas dan Sebaran Fitoplankton di Perairan Sungsang Sumatera Selatan. Jurnal Biologi. Vol. 1. No. 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v8i1.9468

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0