KEANEKARAGAMAN SERANGGA POHON DI EKOSISTEM PANTAI KACA KACU PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESAR

Yumaida Yumaida, Yuni Syara, Yurnita Yurnita, Yutria Iqwanda

Abstract


Serangga merupakan organisme yang paling banyak jenisnya dibandingkan dengan kelompok organisme lainnya dalam Phylum Arthropoda. Hingga saat ini telah diketahui sebanyak lebih kurang 950.000 spesies serangga di dunia, atau sekitar 59,5 % dari total organisme yang telah dideskripsi. Tingkat keragaman serangga yang sangat tinggi dapat beradaptasi pada berbagai kondisi habitat. Penelitian ini dilakukan di Desa Deudap, pantai kaca kacu karena banyak ditemukan berbagai  jenis  tanaman  yang  merupakan habitat  dari  beraneka  jenis  serangga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui populasi serangga pohon di bagian akar, batang, dan daun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling non destructive. Merupakan salah satu metode pengambilan objek penelitian yang dilakukan pada daerah yang luas sehingga hanya diambil sampelnya sesuai dengan maksud yang diteliti, dan tidak merusak objek penelitian. Analisis data dilakukan dengan menghitung keanekaragaman spesies, indeks kesamaan dan keragaman serta dominansi serangga pada pohon yang diamati. Hasil penelitian ditemukan serangga pohon  berjumlah 343  individu. indeks keanekaragaman pada seluruh bagian pohon yang diamati adalah sedang (1<H’<3). Idendifikasi ini dilaksanakan di Laboratorium Biologi UIN Ar-Raniry Banda Aceh dimulai dari bulan Mei  2019  sampai bulan Juni 2019.


Full Text:

PDF

References


Desi Hadina putri. 2018. Keanekaragaman Serangga Pohon Di Kawasan Hutan Primer Deudap Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Biotik.

Donald. 2005. Pengenalan Pelajaran Serangga. Yogyakarta: Gadjah Mada Unniversity Press.

Jumar, 2000, Entomologi Pertanian, Jakarta: Rineka Cipta

Muhammad Nurdin. S. 2000. Ekologi Hewan Tanah. Jakarta: Bumi Aksara

Niken Subekti, 2010, Keanekaragaman Jenis Serangga di Hutan Tinjomoyo Kota Semarang, Jawa Tengah: Press Semarang




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v8i1.9535

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0