KEANEKARAGAMAN SPESIES BURUNG DI HABITAT HUTAN GUHA TUJOH LAWEUNG KABUPATEN PIDIE

Hasbuna Hasbuna, Samsul Kamal, Rizky Ahadi

Abstract


Keanekaragaman berbagai spesies burung pada suatu habitat di pengaruhi oleh adanya berbagai vegetasi dari tumbuhan, aktivitas manusia dan juga ketersediaan pakan bagi burung. Guha Tujoh Laweung merupakan suatu wilayah yang memiliki tipe habitat yang dihuni oleh berbagai macam spesies fauna, termasuk burung. Ancaman utama terhadap burung di wilayah ini adalah kerusakan habitat yang disebabkan oleh aktivitas pembangunan, penebangan hutan dan ahli fungsi hutan menjadi kawasan perkebunan. Selain itu hadirnya kegiatan penambangan semen di kawasan tersebut menjadi ancaman terhadap habitat burung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui spesies burung, dan tingkat keanekaragaman burung serta hutan Guha Tujoh Laweung Kabupaten Pidie. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi titik hitung dan garis transek. Penentuan titik hitung di setiap habitat menggunakan metode purposive sampling, pengambilan data burung dilakukan pada empat tipe habitat yang terdiri dari sepuluh titik pengamatan. Hasil penelitian menujukkan bahwa, jumlah spesies burung yang terdapat  di hutan Guha Tujoh Laweung adalah 32 spesies dari 23 famili. Tingkat keanekaragamannya termasuk ke dalam katagori sedang dengan tingkat keanekaragaman burung H̄=2.89. Bentuk hasil penelitian keanakaragaman spesies burung di Guha Tujoh Laweung diaplikasikan dalam bentuk buku referensi.


Full Text:

PDF

References


Apriyani Ekowati, Dkk.,2016 “Keanekaragaman Jenis Burung di Kawasan Telaga Warna, Desa Tugu Utara, Cisarua, Bogor”, Jurnal Of Biology, Vol. 9 No. 1.

Asep Ayat, 2011, Panduan Lapangan Burung-Burung Agroforest di SumateraBogor, Indonesia: World Agroforesty Centre. ICRAF,SEA Regional Office 112p.

Azhari, dkk., 2017, Keanekaragaman Spesies Burung di Kawasan Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan Aceh Besar, Prosiding Seminar Nasional Biotik, h.754.

Bibby C Martin J, 2000, Teknik –Teknik Lapangan Survey Burung, Bogor: Birdlife Indonesia Programe.

Harun Yahya, 2004, Design in Nature,London: Ta-Ha Publisher.

Jhon Mackinno dan Karen Philipps Bas Van Balen, 2007, BurungBurung di Sumatra, Jawa,Bali Dan Kalimantan,Jakarta : LIPI.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v8i1.9562

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0