JENIS KUPU-KUPU DI EKOSISTEM PANTAI KACA KACU PULO ACEH

Reska Mawar Sandi, Rika Putri Wahyuni, Rini Dayanti

Abstract


Pulo Aceh adalah sebuah kecamatan di kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh, Indonesia. Polu Aceh Merupakan daerah Administrasi tingkat III yang terletak paling barat di Indonesia. Pulau Nasi adalah sebuah pulau yang terletak di sebelah timur laut pulau Sumatra dan di sebelah barat laut pulau Weh. Terletak di tengah-tengah antara ujung barat pulau Sumatra dengan pulau Breuh. Berdasarkan titik koordinat, pulau ini berada di koordinat 5o37’0”LU,95o7’0”BT. Kupu-kupu merupakan hewan yang sangat mengagumkan di alam karena keindahan warna dan bentuk sayap. Hewan ini memiliki daerah penyebaran yang sangat luas, yakni mulai dari hutan, padang rumput, rawa, di daerah terbuka seperti perkotaan dan bahkan daerah salju, sehingga sering dijumpai di mana-mana. Keberadaannya di alam mempunyai berbagi fungsi yang sangat penting, yaitu sebagai serangga pollinator atau penyerbuk bunga dan komponen ekosistem. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kupu-kupu di ekosistem pantai kaca kacu Pulo Aceh. Penelitian ini menggunakan metode Eksplorasi (jelajah). Hasil penelitian menunjukan bahwa jenis kupu-kupu di ekosistem pantai kaca kacu secara keseluruhan teridentifikasi sebanyak 3 famili yang terdiri dari 8 spesies.

 


Full Text:

PDF

References


Jumar. 2000. Entomologi Pertanian. Jakarta : Renika Cipta.

Kamal samsul , dkk. 2010. Keanekaragaman Rhopalocera di Kawasan Penggunungan Mata Ie Kacamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar. Vol, 1. No, 3.

Pracaya. 2008. Hama dan Penyakit Tanaman. Jakarta : Penebar Swadaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v8i2.9606

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0