SPESIES COLLEMBOLA DIKAWASAN HUTAN PANTAI LHOK KEUTAPANG PULO ACEH

Risma Maulizar, Risma Rahmawati Fhonna, Rita Ramayulius

Abstract


Deudap merupakan salah satu desa yang memiliki tempat wisata terindah  yaitu pantai Lhok Keutapang. Pantai Lhok Keutapang memiliki kondisi ekosistem yang melimpah sehingga mendukung kehidupan Arthopoda tanah, salah satunya adalah Collembola atau kutu pegas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui spesies Collembola dikawasan hutan pantai Lhok Keutapang. Manfaat penelitian ini supaya menambah wawasan dan pengetahuan kepada seluruh pembaca tentang spesies Collembola. Metode penelitian adalah survey eksploratif dengan cara pengamatan secara langsung terhadap serangga collembola. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan perangkap pitfall trap. Pemilihan stasiun pengamatan secara Purposive sampling yaitu dilihat dari lingkungan yang memungkinkan adanya Collembola. Pengamatan dan identifikasi spesies Collembola dilakukan di Laboratorium Prodi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry. Hasil penelitian terhadap Spesies Collembola yang terdapat dikawasan hutan pantai Lhok Keutapang desa Deudap  yaitu 5 famili, 13 spesies dan 201 individu. Spesies yang paling banyak ditemukan adalah Tomecerus elongates dari famili Entomobrydae. Collembola kawasan hutan di pantai Lhok Keutapang Deudap Pulau Nasi ditemukan 5 famili yaitu, Entomobrydae, Isotomidae, Coenaletidae, Oncopodura dan Dicyrtomidae. Famili Collembola yang dominan ditemukan pada kawasan hutan pantai Lhok Keutapang adalah family Entomobrydae.

 


Full Text:

PDF

References


Ansari. dkk. 2016. “Jenis-Jenis Collembola di Kawasan Rinon Pulo Aceh”. Jurnal Biotik. Vol. 3, No. 1.

Ariska, dkk. “Jenis-Jenis Collembola Di Kawasan Deudap Pulau Nasi Kecamatan Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar”. Prosiding Seminar Nasional Biotik 2018.

Erlika,dkk. 2018. Jenis-Jenis Serangga Permukaan Tanah Nocturnal Di Kawasan Deudap Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar.Prosiding Seminar Nasional Biotik..

Suhardjono. dkk. 2012. Collembola (Ekor Pegas). Cibubur: Vegamedia.

Sugiyarto. 2002. “Biodiversitas Hewan Permukaan Tanah Pada Berbagai Tegakan Hutan di Sekitar Goa Jepang, BKPH Nglerak, Lawu Utara, Kabupaten Karanganyar”. Jurnal BIODIVERSITAS: Vol. 3. No. 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v8i2.9607

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0