JENIS DAN KARAKTERISTIK TUMBUHAN KANTONG SEMAR (Nepenthes spp.) DI KAWASAN BURNI RAMUNG KECAMATAN PUTRI BETUNG KABUPATEN GAYO LUES

Sri Murni, Lina Rahmawati, Khairun Nisa

Abstract


Kantong semar (Nepenthes spp.) tergolong tumbuhan karnivora yang dapat ditemui dibeberapa hutan di Indonesia dengan beragam bentuk. Keunikan tanaman ini berasal dari kantong yang dibentuk oleh daun sebagai mekanisme pertahanan diri untuk mendapatkan makanan. Kawasan Burni Ramung  hutan yang terdapat di Desa Ramung Musara Kecamatan Putri Betung Kabupaten Gayo Lues dan menjadi  salah satu habitat dari tanaman unik ini, sehingga memiliki peran penting terhadap keberadaan tanaman tersebut. Penelitian ini menjadi penting dilakukan karena belum tersedianya data mengenai kantong semar  dilokasi tersebut. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari 2020. Bertujuan untuk mengetahui jenis dan karakteristik tumbuhan kantong semar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey eksploratif dengan menetapkan tiga line transek yang ditentukan secara purposive sampling. Data penelitian dianalisis secara kualitatif yang ditampilkan dalam bentuk tabel dan gambar, dengan mencantumkan nama lokal dan nama ilmiah tumbuhan. Hasil penelitian ditemukan 4 jenis kantong semar, yang terdiri dari Nepenthes tobaica, Nepenthes rhombicaulis, Nepenthes spathulata dan Nepenthes mirabilis, yang tergolong ke dalam 1 famili yaitu Nepenthaceae. Kesimpulan penelitian ini didapatkan 4 jenis kantong semar terdiri dari Nepenthes tobaica, Nepenthes rhombicaulis, Nepenthes spathulata dan Nepenthes mirabilis, yang termasuk ke dalam 1 famili yaitu Nepenthaceae di Kawasan Burni Ramung Kecamatan Putri Betung, serta terlihat perbedaan morfologi daun, batang dan kantong dari Nepenthes.


Full Text:

PDF

References


Mansur, M., 2006, Kantong Semar yang Unik, Jakarta:Swadaya.

Mansur, M., 2008,Penelitian Ekologi Nepenthes di Laboratorium Alam Hutan Gambut Sabanga Kereng Bangkirai Kalimantan Tengah, Jurnal Teknologi Lingkungan, Vol.1, No. 1

Mardiana dan Yakub, 2012., Karakteristik dan Kemelimpahan Nepenthes di habitat Miskin Unsur Hara, Jurnal Lahan Sub Optimal, Vo.1, No.1.

Miswan. dkk.,2013. Autekologi Nepenthes di Kawasan Nasional Lore Lindu Sulawesi Tengah, Jurnal Of Natural Science. Vol.2. No.2.

Natalia Dina, dkk., Pola Penyebaran Kantong Semar (Nepenthes) di Kawasan Gunung Rorekautimbu Kawasan Taman Nasional Lore Lindu, Jurnal Warta Rimba, 2014, Vol.2, No.1.

Nurbaidah. 2012., Implementasi Kebijakan dan Strategis Pelestarian Ekosistem Leuser, Jurnal Ilmu Hukum, No. 2. No.1.

Nuryani, dkk., 2018. Jenis-Jenis Kantong Semar (Nepenthes spp.) di Kawasan Kebun Raya Baturraden Kabupaten Banyumas, Seminar Nasional Sains.

Widiani Elyna, dkk. 2019. Kenanekaragaman Jenis Kantong Semar dan Penyebran di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan Bengkulu, Prosiding Seminar Nasional Konservasi dan Pemanfaatan dan Satwa Liar.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v8i2.9638

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0