PENGARUH KEDALAMAN SARANG DAN JUMLAH TELUR TERHADAP KEBERHASILAN PENETASAN DAN KEMUNCULAN TUKIK Lepidochelys olivacea DI PANTAI APAR PARIAMAN

Widya Sari, Ashvia Nur Ilyosa, fauziah Fauziah

Abstract


Upaya konservasi yang dilakukkan untuk melindungi penyu dari kepunahan khususnya penyu Lekang (Lepidochelys olivacea) dengan cara melakukan penetasan telur penyu Lekang sistem semi alami. Kedalaman sarang dan jumlah telur yang tepat pada saat inkubasi sangat didibutuhkan untuk mendapatkan angka persentase penetasan dan kemunculan tukik yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan penetasan dan kemunculan tukik penyu Lekang pada kedalaman sarang dan jumlah telur yang berbeda. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah eksperimen, dengan 2 perlakuan yaitu kedalaman sarang dengan kedalaman 30, 40 dan 50 cm dan jumlah telur 30 dan 60 butir telur pada setiap sarang. Setiap perlakuan dilakukan sebanyak 3 kali ulangan sehingga seluruh unit perlakuan berjumlah 18 unit. Parameter yang di hitung adalah keberhasilan penetasan telur dan kemunculan tukik. Pengukuran suhu, pH, kelembapan dan kadar air pasir sarang juga dilakukan selama masa inkubasi. Hasil yang didapat menunjukkan bahwa persentase penetasan telur penyu Lekang pada berbagai kedalaman > 50% yaitu (69-93,33%) dan persentase penetasan yang baik cenderung pada kedalaman 50 cm dan jumlah telur 30 butir. Sedangkan untuk persentase kemunculan yang baik ditunjukkan pada kedalaman 30 dan 40 cm dengan jumlah telur 60 butir.


Full Text:

PDF

References


Dermawan, A. (2009). Pedoman Teknis Pengelolaan Konservasi Penyu. Departemen Kelautan dan Perikanan RI, Jakarta.

Dobbs, K. A., Miller, J. D., Limpus, C. J., and Landy, A. M. J. (1998). Hawksbill Turtle, Eretmochelys imbricata, Nesting at milman Island, Northem Great Barrier Reef, Australia. Chelonian Conservation and Boilogy, 3, 344-361.

Hatasura, I. N. (2004). Pengaruh Karakteristik Media Pasir Sarang terhadap Keberhasilan Penetasan Telur Penyu Hijau (Chelonia mydas) (Tugas Akhir). Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB, Bogor.

Indriasari, F. (2001). Pengaruh Kepadatan Telur dan Media Pasir Terhadap Keberhasilan Penetasan Telur Penyu Sisik (Eretmochleys imbritaca) dalam Sarang Semi Alami di Pulau Pramuka Kepulauan Riau (Tugas Akhir). Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Jamaluddin. (2011). Pengaruh Suhu dan Tekanan Vakum Terhadap Penguapan Air, Perubahan Volume dan Rasio Densitas Keripik Buah Selama dalam Penggorengan Vakum. (Jurnal Teknologi Pertanian), 12(2).

Kushartono, E. W. E. Ronaldi, C. B., & Hartati, R. (2016). Keberhasilan Penetasan Telur Penyu Hijau (Chelonia mydas) Dalam Sarang Semi Alami dengan Kedalaman yang Berbeda di Pantai Sukamade, Banyuwangi, Jawa Timur. (Jurnal Kelautan Tropis), 19(2), 123–130.

Marquez, M. R. (1990) . Sea Turtle of The world: an Annolated and Illustrated Catalogue of Sea Turtle Species Knoe to Data. (FAO Fischeries), 11,125, 43-48.

Miller, J. D. (1997). Reproduction In Sea Turtles. In: Lutz, P.L dan Musick, J.A (Eds). The Biology of Sea Turtle. CRC Press. (Boca Raton), 51 – 82.

Miller, J. D. (1999). Determining Clutch Size and Hatching Success In Research and

Management Techniques for the Conservation of Sea Turtle (Eds). IUCN/SSC Marine Turtles Specialist Group, 4.

Nuitja, I. N. S. (1992). Biologi dan Ekologi Pelestarian Penyu Laut. Institus Pertanian Bogor Press, Bogor.

Rianda, F., Sari, W., & Muhammadar, A. A. (2017). Pengaruh Naungan terhadap Pertumbuhan Embrio Penyu Lekang (Lepidochelys olivacea) di Lhok Pante Tibang Syiah Kuala, Banda Aceh. (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kelautan dan perikanan Unsyiah), 2, 1, 119-129.

Samosir, S.H., Hernawati, T., Aditya, Y., & Wiyanto, H. (2018). Perbedaan Sarang Alami dengan Semi Alami Mempengaruhi Masa Inkubasi dan Keberhasilan Menetas Telur Penyu Lekang (Lepidochelys olivacea) Pantai Boom Banyuwangwi. (Jurnal Medik Veteriner), 1,(2), 33-37.

Sheavtiyan., Setyawati, R., & Irwan, L. (2014). Tingkat Keberhasilan Penetasan Telur Penyu Hijau (Chelonia mydas Linnaeus 1758) di Pantai Sebubus, Kabupaten Sambas. (Jurnal Protobiont), 3(1), 46-54.

Solomon, S.E. & Baird, T. (1980). The Effect of Fungal Penetration of the Eggshell of the Green Turtle. (Electron Microscopy), 2.

Syaiful, N. B., Nurdin, J., & Zukaria, I. J. (2013). Penetasan Telur Penyu Lekang (Lepidochelys olivacea) pada Lokasi Berbeda di Kawasan Konservasi Penyu Kota Pariaman. (Jurnal Biologi Universitas Andalas), 2(3), 175-180.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v8i2.9657

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0