KEBERADAAN FUNGI MIKORIZA ARBASKULA (FMA) PADA FAMILI FABACEAE DIKAWASAN DEUDAP PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESAR

Desi Opianida, Diana Deslita, Dina Juwita Refani, Dzulfahmi Fakri

Abstract


Pulo Nasi merupakan salah satu pulau yang terdapat di Aceh di Kabupaten Aceh Besar, yang mana letak pulau nasi sendiri di sebelah timur laut pulau Sumatra dan di sebelah barat laut pulau Weh. Terletak di tengah-tengah antara ujung barat pulau Sumatra dengan pulau Breueh. Berdasarkan titik koordinat, pulau ini berada di koordinat 5°37′0″LU,95°7′0″BT. Mikoriza merupakan suatu bentuk hubungan simbiosis mutualisme antara fungi (myke) dan akar (rhiza) tumbuhan tinggi. Mikoriza juga suatu struktur yang terbentuk disebagian besar pohon-pohon hutan. Mikoriza merupakan suatu hubungan timbal balik yang saling menguntungkan satu sama lain antara akar pohon dengan fungi. Mikoriza arbuskula adalah salah satu endofit penting yang hidup diakar tanaman terestrial. Simbiosis ini langsung bermanfaat untuk pertumbuhan tanaman melalui akuisisi fosfor dan usur hara lain dari tanah.


Full Text:

PDF

References


Pujianto. 2001. ”Pemanfaatan Jasad Mikro,Jamur Mikoriza dan Bakteri dalam Sistem Pertanian Berkelanjutan di Indonesia: Tinjauan Dari Perspektif Falsafah Sains”. Makalah Falsafah Sains. Bogor: Program Pasca Sarjana Institut Pertanian Bogor.

Razma Hasyiti, dkk. 2018.” Keanekaragaman Fungi Mikoriza Arbaskular (FMA) pada Beberapa Jenis Pohon Di Pengunungan Deudap Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar “. Jurnal Seminar Nasional Biotik.

Dadan Mulyana, dkk. 2012. Untung Besar dari Bertanam Sengon.Jakarta: Agro Media Pustaka, “

Onesia Honta Prasasti, dkk, 2013, Pengaruh Mikoriza Glomus fasciculatum Terhadap Pertumbuhan Vegetasi Tanaman Kacang Tanah yang terinfeksi Patogen Sclerotium rolfsii”. Jurnal Sains dan Seni Pomits, Vol.2. No.2

Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. 2015. Sintistik Kementrian lingkungan Hidup dan Kehutanan.2014




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v8i2.9660

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0