PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMAN 11 BANDA ACEH

Desi Riani Putri, Nafisah Hanim, Eva Nauli Taib

Abstract


Proses belajar mengajar saat ini perlu mengedepankan keterampilan proses sains (KPS) siswa, karena aspek keterampilan proses sains merupakan dasar utama pembelajaran sains dalam pelajaran Biologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur peningkatan keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan model konvensional pada materi sistem pernapasan di SMAN 11 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment dengan desain pretest posttest non equivalent groups. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan soal tes. Berdasarkan hasil penelitian terdapat peningkatan keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning lebih tinggi yaitu 78,6% dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan model konvensional sebesar 47,2%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa keterampilan proses sains siswa yang menggunakan model Discovery Learning lebih tinggi dari pada siswa yang menggunakan model konvensional.


Full Text:

PDF

References


Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta dan Depdikbud.

Kumalasari. 2015. Dampak model pembelajaran discovery learning terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar IPA Fisika siswa MTs Negri Jember. Skripsi. Universitas Jember. tidak diterbitkan.

Kurikulum 2013 Kompetisi Dasar Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2013.

M. Fadhillah. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pelajaran SD/MI, SMP/MTS & SMA, Yogyakarta: AR-RUZZ Media.

M. Quraish Shihab. 2002. Tafsir Al-Mishbah : pesan, kesan dan keserasian Al-Qur’an, (Jakarta : Lantera Hati.

Maksem Lete. 2016. “Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Pembelajaran Discovery Topik Tekanan Hidrostatis”, Jurnal pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM, vol. 1, No. 2. h. 1022.

Nurdinah Hanifah. 2014. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Membedah Anatomi Kurikulum 2013 Untuk Membangun Masa Depan Pendidikan Yang Lebih Baik. Sumedang: UPT Sumedang Press.

Riniwati Br. Sembiring. 2018. ”Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Prestasi Belajar IPA-BIOLOGI Siswa SMP Swasta Advent Duri” Jurnal Pendidikan Riana, vol. 3, No. 04, h.2

Rustaman. 2003. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Jakarta: JICA.

Sudargo, F, Pembelajaran Biologi Berbasis Praktikum Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa SMA, (http://Prop_hibah_kompotitif.pdf), diakses pada 28 Januari 2013.

Sulistio. 2014 “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas TAV Pada Standar Kompetensi Melakukan Instalasi Sound System di SMK Negri 2 Surabaya”. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, Vol.3, No.01. 215-221.

Suryosubroto. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Yeni Suryaningsih. 2017. “Pembelajaran Berbasis Praktikum Sebagai Sarana Siswa Untuk Berlatih Menerapkan Keterampilan Proses Sains Dalam Materi Biologi”, Jurnal Bio Education, Vol. 2, No. 2. h. 49-57.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v8i2.9672

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0