PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS VII SMP NEGERI 4 BABAHROT KABUPATEN ACEH BARAT

Dewi Sartika, Khairun Nisa, Rizky Ahadi

Abstract


Proses pembelajaran di SMP Negeri 4 Babahrot berlangsung secara konvensional dan motivasi siswa masih rendah dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa dengan penggunaan media diorama pada materi ekosistem kelas VII SMP Negeri 4 Babahrot. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu true experiment. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Babahrot yang terdiri dari dua kelas VIIa dan VIIb. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIIa yang berjumlah 14 siswa dan kelas VII berjumlah 10 siswa dengan teknik pengambilan sampel random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi motivasi belajar yang diamati oleh dua observer. Analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana kelas eksperimen pertemuan I yaitu 77,5% dengan kriteria sangat bagus dan pertemuan II yaitu 91,25% dengan kriteria sangat bagus sedangkan kelas kontrol pertemuan I yaitu 40% dengan kriteria cukup bagus dan pertemuan II yaitu 50% dengan kriteria cukup bagus. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media diorama dalam materi ekosistem dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Babahrot Kabupaten Aceh Barat Daya.

Full Text:

PDF

References


Arinda Yuliani. 2017. “Pengaruh Lingkungan Belajar dan Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Adminitrasi Perkantoran SMK Negeri 7 yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017”. Skripsi.

Hujair AH Sanaky. 2013. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Isran Rasyid Karo-Karo & Rohani. 2018. “Manfaat Media dalam Pembelajaran”. Jurnal Axiom. Vol. 07, No. 01.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v8i2.9674

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0