PROBLEMATIKA PERKULIAHAN DAN PRAKTIKUM DALAM MASA PANDEMI COVID-19

Khairun Nisa

Abstract


Pandemi  Covid-19  telah  membawa  perubahan  dalam  banyak  segi  kehidupan, salah satunya dalam pembelajaran di perguruan tinggi. Penelitian ini ingin mengetahui masalah apa saja yang dihadapi oleh pembelajaran terutama dalam mata kuliah berpraktikum yang biasanya dilakukan secara tatap muka penuh di laboratorium. Penelitian dilakukan terhadap Mata Kuliah Anatomi Tumbuhan di Prodi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar -Raniry Banda Aceh   pada   semester   genap   2019/2020.   Sampel   penelitian   terdiri   dari   25 mahasiswa yang mengambil mata kuliah Anatomi Tumbuhan pada masa Pandemi Covid 19. Metode penelitian dilakukan dengan kuesioner dalam bentuk Google Form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masalah terbanyak yang dihadapi mahasiswa adalah kurang pahamnya mahasiswa terhadap proses atau langkah kerja praktikum, karena tidak terlibat dalam praktik secara langsung. Keuntungannya adalah waktu dan tempat pelaksanaan praktikum yang lebih fleksibel karena dapat dikerjakan kapan dan dimana saja.


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu dan Widodo S (1991), Psikologi Belajar, Jakarta, Renika Cipta. Arikunto, Suharsimi. (1993). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Dewi, W. A. (2020). DAMPAK COVID-19 TERHADAP IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 56.

Firman, & Rahman, S. R. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-

Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81.

Sanjaya, R. (Ed.). (2020). 21 Refleksi Pembelajaran Daring di Masa Darurat. SCU Knowledge Media.

Sardiman, A.M 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Cipta Prakasa Sejati.

Slameto. (1995). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiono, (2010), Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung, Alfabeta.

Trianto. (2012). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Guruan(KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Yanti, M. T., Kuntarto, E., & Kurniawan, A. R. (2020). Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Kemendikbud Sebagai Model Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 61-68.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v8i2.9676

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0