SIKAP ILMIAH DAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NATURE OF SCIENCE (NOS) BERBANTUAN E-BOOK ONLINE PADA MATERI PEWARISAN SIFAT KELAS IX MTS MUSLIMAT NU PALANGKA RAYA

Noor Eka Febryana, Nurul Septiana, Mukhlis Rohmadi

Abstract


Penelitian ini berlatar belakang dari kondisi pembelajaran di Kelas IX MTs Muslimat NU Palangka Raya yang masih menggunakan metode pembelajaran konvensional yang belum dapat mengembangkan keterampilan literasi sains dan sikap ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui literasi sains, sikap ilmiah  dan pengaruh penerapan model NoS berbantuan e-book online terhadap literasi sains dan sikap ilmiah peserta didik kelas IX MTs Muslimat NU Palangka Raya dalam materi pewarisan sifat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design yang melibatkan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data literasi sains pada penelitian ini diambil dari hasil tes. Sedangkan data sikap ilmiah diambil dari hasil observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Literasi sains peserta didik sebesar 64,51% menunjukkan kategori yang tinggi dan sikap ilmiah peserta didik sebesar 73,77% menunjukkan kategori yang baik pada peserta didik kelas IX MTs Muslimat NU Palangka Raya, (2) Terdapat pengaruh model NoS berbantuan e-book online terhadap literasi sains dan sikap ilmiah peserta didik kelas IX MTs Muslimat NU Palangka Raya pada materi pewarisan sifat dengan nilai thitung>ttabel yaitu 5,147>1,665 dan 6,222 >1,746.


Full Text:

PDF

References


Adyaratna, Febia. 2016. Pengaruh E-Procurement dan Pengendalian Internal Terhadap Efektivitas Penerapan Good Corporate Governance. Skripsi tidak diterbitkan. Bandung: Universitas Pasundan

Aisyah, N., Widiyanto, B., & Fatkhurrohman, M. A. 2018. Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Sistem Peredaran Darah terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP N 12 Kota Tegal. JPMP, 2(1).

Alex, Sobur. 2013. Psikologi Umum Edisi 2. Bandung: Pustaka Setia

Andina, E. 2011. Buku Digital dan Pengaturannya. Jurnal Aspirasi, 2(1).

Anjarsari, Putri. 2014. Literasi Sains dalam Kurikulum dan Pembelajaran IPA SMP. Prosiding disajikan dalam Seminar Nasional Peran Literasi Sains 2014 (PENSA VI), FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, 20 Desember.

Arief, M. K. 2015. Penerapan Levels of Inquiry Pada Pembelajaran IPA Tema Pemanasan Global Untuk Meningkatkan Literasi Sains. Jurnal Edusentris, 2(2).

Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Astawa, I. M. W., Sadia, I. W., & Suastra, I. W. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Sikap Ilmiah dan Konsep Diri Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 5(1).

Avissar, Yael, et.al. 2016. Biology. Texas: OpenStax Rice University.

Azwar, S. 1999. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bimo, Suseno. 2012. Uji Park untuk Uji Asumsi Klasik. http://www.statistikolahdata.com/2012/12/uji-park-untuk-uji-asumsi-klasik.html (1 Maret 2019).

Binus University. 2015. Uji Asumsi Klasik (Uji Multikolinieritas). (Online) Tersedia : https://sbm.binus.ac.id/2015/11/20/uji-asumsi-klasik-uji-multikolinearitas/. (1 Maret 2019).

Budiyanto, B. 2020. Sikap Ilmiah Terhadap Urgensi Hadis dalam Pendidikan Agama Islam. Al-Bayan: Jurnal Ilmu al-Qur'an dan Hadist, 3(1)

Fransiska, Lidya. 2013. Pengaruh Persepsi Siswa tentang Saintis dan Sikap Ilmiah Siswa terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Melalui Model Pembelajaran Learning Cycle 5E dengan Teknik Pick Up Cards Game. Skripsi tidak diterbitkan. Lampung: Universitas Lampung

Gunawan, I., & Palupi, A. R. 2016. Taksonomi Bloom–Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Penilaian. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 2(2).

Guswita, S. 2018. Analisis Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Bagi Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Biologi di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Skripsi tidak diterbitkan. Lampung: UIN Raden Intan Lampung.

Hardianty, N. 2015. Nature of Science: Bagian Penting Dari Literasi Sains. Prosiding disajikan dalam Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains 2015 (SNIPS), FMIPA Institut Teknologi Bandung, Bandung, 8-9 Juni.

Hassanah, E. N. 2016. Penerapan Pembelajaran Berbasis Al Quran pada Konsep Kerusakan Lingkungan terhadap Sikap Ilmiah Siswa di MAN 1 Kota Bandung. Disertasi tidak diterbitkan. Bandung: Universitas Pasundan.

Irawan, Ferry. 2012. Penerapan Model Pembelajaran NOS (Nature of Science) pada Konsep Sifat Koligatif Larutan (Penelitian Kelas terhadap Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Garut). Skripsi tidak diterbitkan. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati.

Iskandar, Dadang & Narsim. 2015. Penelitian Tindakan Kelas dan Publikasinya. Cilacap: Ihya Media

Jaedun, Amat. 2011. Metodologi Penelitian Eksperimen. Fakultas Teknik UNY Ka. Puslit Dikdasmen, Lemlit UNY. Makalah Disampaikan Pada Kegiatan In Service I Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah, yang Diselenggarakan oleh LPMP Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Yogyakarta, 20 – 23 Juni

Janie, Dyah Nirmala Arum. 2012. Statistik Deskriptif & Regresi Linier Berganda Dengan SPSS. Semarang: Semarang University Press

Khalick, Abd‐El, F., & Lederman, N. G. 2000. The Influence Of History Of Science Courses On Students' Views Of Nature Of Science. Journal Of Research In Science Teaching: The Official Journal Of The National Association For Research In Science Teaching, 37(10)

Khery, Yusran, Baiq, Asma Nufida, Suryati, Sri Rahayu, & Endang Budiasih. 2018. Gagasan Model pembelajaran Mobile–Nos Untuk Peningkatan Literasi Sains Siswa. Hydrogen: Jurnal Pendidikan Kimia, 6(1)

Knorr-Cetina, K. D. 2013. The Manufacture of Knowledge: An Essay On The Constructivist And Contextual Nature Of Science. Oxford : Pergamon Press

Kurnia, F., & Fathurohman, A. 2014. Analisis Bahan Ajar Fisika Sma Kelas XI di Kecamatan Indralaya Utara Berdasarkan Kategori Literasi Sains. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 1(1)

Kusmana, A. 2017. E-learning dalam Pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 14(1)

Lestari, Puji. 2014. Sikap Ilmiah Siswa Kelas XI IPA 1 SMAN 3 Bengkulu Tengah pada Pembelajaran Biologi Berpendekatan Inkuiri. Skripsi tidak diterbitkan. Bengkulu : FKIP Universitas Bengkulu.

Machril, Sadzali Yunaifi, & Darwin. 2015. Pengaruh Media Pembelajaran Exe (Elearning Xhtml Editor) terhadap Hasil Belajar Konstruksi Bangunan Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan pada Siswa Kelas X SMK Negeri 5 Medan. Jurnal Education Building , 1(1)

Mahmud. 2011. Metode Penilitian Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia

Mahnun, N. 2012. Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal An-Nida', 37(1).

Mamluatul, Faizah. 2017. Pengaruh Suhu dan pH terhadap Aktivitas Enzim Protease Bacillus subtilis dari Daun Kenikir (Cosmos Sulphureus) yang Ditumbuhkan dalam Media Campuran Limbah Cair Tahu dan Dedak. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim

Mulyatiningsih, Endang. 2014. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta

Muslimah, Defy Catur. 2017. Kandungan Pemikiran dalam Q.S Al-‘Alaq (96) 1-5 Tafsir Al-Mishbah dan Al-‘Azim (Tinjauan Pendidikan Islam). Skripsi tidak diterbitkan. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta

Mustami, Muh. Khalifah. 2013. Genetika. Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Nadiyanto, N. 2018. Pendidikan Anak dalam Al-Quran (Studi Penafsiran M.Quraish Shihab dalam Tafsir Al-Misbah). Tesis tidak diterbitkan. Lampung: UIN Raden Intan Lampung

Novilia, N. 2019. Pengembangan E-Modul Berbasis Exe Learning Pokok Bahasan Ruang Hasil Kali Dalam Pada Mahasiswa Uin Raden Intan Lampung. Disertasi tidak diterbitkan. Lampung: UIN Raden Intan Lampung.

OECD. 2007. PISA 2006: Science Competencies for Tomorrow’s World, Vol. 1. OECD Publising. (Online). Tersedia : http://www.oecd.org/pisa/pisaproducts/39703267.pdf. (15 Desember 2018).

Pane, A., & Dasopang, M. D. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 3(2)

Panjaitan, Erlia Utami. 2015. Kemampuan Literasi Sains dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri Se-Kota Tanjungbalai. Skripsi tidak diterbitkan. Medan: Universitas Negeri Medan.

Pertiwi, U. D., Atanti, R. D., & Ismawati, R. 2018. Pentingnya Literasi Sains pada Pembelajaran IPA SMP abad 21. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 1(1).

PISA. 2015. Draft Science Framework. OECD. (Online). Tersedia: https://www.oecd.org/pisa/pisaproducts/Draft%20PISA%202015%20Science%20Framework%20.pdf (21 Maret 2019).

Pratiwi, F. L. 2018. Hubungan Kemampuan Literasi Sains dengan Sikap Ilmiah Siswa Kelas XI MIPA SMA Kristen 1 Salatiga pada Materi Sistem Gerak yang Diuji Menggunakan Problem Based Learning. Disertasi tidak diterbitkan. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.

Pratiwi, Yunita. 2015. Pengaruh Nature of Science (NOS) terhadap Hasil Belajar Materi Struktur Bumi pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN 2 Sokaraja Kulon. Skripsi tidak diterbitkan. Purwokerto: Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Purwanto, Ngalimun. 2013. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Rosda Karya.

Putra, Indra Darma. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Literasi Sains Dan Sikap Ilmiah Peserta Didik Kelas X Pada Materi Keanekaragaman Hayati Di Sma Negeri 6 Bandar Lampung. Skripsi tidak diterbitkan. Lampung : UIN Raden Intang.

Putro, Eko Widoyoko. 2014. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ramdani, Y. 2012. Pengembangan Instrumen dan Bahan Ajar untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi, Penalaran, dan Koneksi Matematis dalam Konsep Integral. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1).

Ratnawulan, Elis, & Rusdiana. 2014. Evaluasi Pembelajaran (Pengantar Prof. Dr. H. Sutaryat Trinamansyah). Bandung: Pustaka Setia.

Restiyowati, I. (2012). Pengembangan E-Book Interaktif pada Materi Kimia Semester Genap Kelas XI SMA (E-book the Matter of Interactive Even Semester Chemical Class XI High School). Unesa Journal of Chemical Education, 1(1).

Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sary, Y. N. E. 2018. Buku Mata Ajar Evaluasi Pendidikan. Sleman: Deepublish.

Schwartz, R. S., Lederman, N. G., & Crawford, B. A. 2004. Developing Views of Nature of Science in an Authentic Context: An Explicit Approach to Bridging The Gap Between Nature ff Science and Scientific Inquiry. Journal Science Education, 88(4).

Setyaningsih, Ari, Eko Widodo, dan Asri Widowati. 2018. Perbedaan Antara Pendekatan Inkuiri Terbimbing dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Bermuatan Nature Of Science pada Pembelajaran IPA Terhadap Peningkatan Literasi Sains Peserta Didik SMPN 11 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, 7(4).

Siagian, Besliana Afriani, Ruth Mayasari Simanjuntak. 2014. Penerapan Model Nature of Science Terhadap Keterampilan Menulis Proposal Skripsi dalam Mata Kuliah Metodologi Penelitian FKIP Universitas HKBP Nommensen Medan Tahun Ajaran 2013/2014, Makalah disajikan dalam Prosiding Seminar Nasional Inovasi dan Teknologi Informasi SNITI, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Samosir, Samosir, 10-11 Oktober.

Subana, Moersetyo Rahadi, dan Sudrajat. 2000. Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Subiantoro, A. W. 2010. Pentingnya Praktikum dalam Pembelajaran IPA. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sudirgayasa, I. G, I W. Suastra, dan N. P. Ristiati. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Nature of Science (NOS) terhadap Kemampuan Aplikasi Konsep Biologi dan Pemahaman NOS Siswa dalam Pembelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Marga. E-Journal : Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan IPA Volume 4.

Sudjana, Nana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulastri, Afianti. 2014. Kontribusi Literasi Sains dan Korelasinya terhadap Perilaku Sehat Siswa Sekolah Lanjutan Atas Kelas X. Skripsi tidak diterbitkan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesias

Sunyoto, Danang. 2011. Analisis Regresi dan Uji Hipotesis. Yogyakarta: CAPS.

Supardi. 2015. Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif, Kognitif, dan Psikomotor. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Supriyadi, Gito. 2011. Pengantar dan Teknik Evaluasi Pembelajaran. Malang: Intimedia

Suryati, A., Nurmila, N., & Rahman, C. 2019. Konsep Ilmu dalam Al-Qur’an: Studi Tafsir Surat Al-Mujadilah Ayat 11 dan Surat Shaad Ayat 29. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, 4(02)

Sutanta, E. 2009. Konsep dan Implementasi E-learning. Jurnal Dasi.

Suyitno, Imam. 2013. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Panduan, Teori, Pelatihan, dan Contoh. Bandung: Refika Aditama.

Utama, Muhammad Febry. 2015. Analisis Pengaruh Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan Inflasi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Lampung. Skripsi tidak diterbitkan. Lampung : Universitas Bandar Lampung.

Wahidmurni. 2017. Pemaparan Metode Penelitian Kuantitatif. Malang: UIN Malang.

Wathoni, Lalu Muhammad Nurul. 2018. Filsafat Pendidikan Islam (Analisis Pemikiran Filosofis Kurikulum 2013). Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Wesnawati, Ayu Candra Dewi, I Wayan Santyasa, Ni Ketut Rapi. 2017. Pengembangan Bahan Ajar dan Perangkat Pembelajaran Berorientasi NoS untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 7(2).

Widiadnyana, I. W., Sadia, I. W., & Suastra, I. W. 2014. Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1).

WidiyWanto, Fery, Wigati Hadi Omegawati, & Hendra Heryanto. 2019. Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas IX. Yogyakarta: Intan Pariwara.

Wiryanti, I., Arnyana, I. B. P., Si, M., & Ristiati, N. P. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Nature of Science (NoS) untuk Meningkatkan Pengetahuan, Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Siswa SMA Kelas X. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(2).

Yamin, Mohammad. 2018. Kebijakan Literasi Untuk Meningkatkan Produktivitas Publikasi di Perguruan Tinggi. JAS-PT Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi, 2(1).

Yuliati, Y. 2017. Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v8i2.9679

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v8i1.9679.g5456

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0