HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DAN MEDIA VIDEO ANIMASI DI SMA INSHAFUDDIN

Nur Azlina, Muslich Hidayat, Eva Nauli Taib

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya variasi model dan media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran  sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik di kelas XI IPA SMA Inshafuddin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik di kelas XI IPA dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a macth dan media video animasi pada materi sistem ekskresi manusia. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen  dengan jumlah sampel sebanyak 50 orang peserta didik di kelas XI IPA. Penelitian ini di lakukan di SMA Inshafuddin pada bulan Februari 2020. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, pemberian angket, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pada hasil belajar peserta didik di kelas XI IPA 1 (kelas eksperimen) dengan kelas XI IPA 2 (kelas kontrol). Persentase ketuntasan klasikal hasil belajar peserta didik di kelas eskperimen sebesar 88 % (sangat baik) sedangkan di kelas kontrol sebesar 68 % (baik). Berdasarkan hasil uji t dalam penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang nyata antara penerapan model kooperatif tipe make a match  dan media video animasi dengan pembelajaran secara konvensional.


Full Text:

PDF

References


Afi Pamawi. 2019. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Deepublish.

Darmadi. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Wina Sanjaya.2008. Kurikulum dan Pembelajarannya. Jakarta: Prenadamedia Group.

Ngalim Purwanto. 2006. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Slamet Riyanto dan Aglis Andhita Hatmawan. 2020. Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen. Yogyakarta: Deepublish.

Nurul Hikmah. 2016. ‘Peningkatan Hasil Belajar Matematika Tentang Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Melalui Alat Peraga Mistar Bilangan pada Siswa Kelas IV SDN 005 Samarinda Ulu'. Jurnal Pendas Mahakam. Vol. 1. No. 1.

Insani, dkk. 2016. ‘Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Model Kooperatif Learning Tipe STAD Di Kelas 3 SD Inpres 1 Siney’. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Vol. 4. No. 6.

Cani Deschuri, dkk. 2016. ‘Penerapan Model Kooperatif Teknik Make A Match dengan Media Kartu Klop untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kenampakan Alam dan Buatan’, Jurnal Pena Ilmiah. Vol. 1. No. 1.

Pt. Anggreni Astawa dan I Md. Tegeh. 2019. ‘Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar IPA’. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol. 3. No. 1 .

Dian Laras Utami, dkk. 2017. ‘Penyusunan Media Pembelajaran Video Animasi Sistem Saraf Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kasihan Bantul’. Jurnal Prodi Pendidikan Biologi. Vol. 6.No. 2.

Surya Darma, dkk. 2015. ‘Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup Dengan Menggunakan Media Video Animasi di SMP Negeri’. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. Vol. 4. No. 1.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: PT Tarsito Bandung: 2005.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v8i2.9680

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0