PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI SMAN 1 BLANGPEGAYON
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur peningkatan hasil belajar siswa kelas XI SMAN 1 Blangpegayon dengan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi sistem peredaran darah manusia. Metode yang digunakan adalah pre experiment dibuat dalam bentuk one group pre-test and post-test design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Blangpegayon Kabupaten Gayo Lues, sampel pada penelitian ini adalah kelas XI IPA2 berjumlah 20 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dengan cara tes. Analisis data hasil belajar menggunakan rumus N-gain dan statistik uji-t. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan (N-gain) yaitu 0,65 kategori sedang dan nilai rata-rata pre-test yaitu 36,5 dan nilai rata-rata post-test yaitu 76,5. Hasil uji-t menunjukkan thitung = 15,55 dan ttabel= 2,093, sehingga thitung ≥ ttabel . Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMAN 1 Blangpegayon Kabupaten Gayo Lues pada materi sistem peredaran darah manusia.
Full Text:
PDFReferences
Annurrrahman. (2009). Pembelajaran dalam Model Belajar. Bandung: Alfabeta.
Hamzah B. Uno. (2019). Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasil Observasi dan Wawancara Biologi di SMAN1 Blangpegayon Kabupaten Gayo Lues pada Tanggal 15 september 2018.
Andarti, Asti. (2014). “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Keterampilan Berfikir Kritis Siswa”. e-jurnal Program Pascasarjana UPG Program Studi IPA. Vol. 4. No. 1.
Rustaman. N.Y, dkk. (2003). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Bandung: Jurusan Pendidikan Biologi UPI.
Rismawati. (2017). “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guaded Inquiry) Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Ekskresi”, Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret. Vol. 2, No. 1.
Wahyudin, Sutikno dan A. Isa. (2010). “Keefektifan Pembelajaran Berbantuan Multimedia Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Minat Dan Pemahaman Siswa”. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia. Vol. 6.
Hamalik. (2014). “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dilihat dari Keaktifan Siswa terhadap Materi Sistem Ekskresi pada Manusia Kelas XI SMA Karanganyar”. Jurnal Biologi Sains Program Pembelajaran. Vol. 2. No. 1.
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v8i2.9682
DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v8i1.9682.g5459
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN : 2828-1675
Email : official.semnasbiotik@gmail.com
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY-SA 4.0