PEMBELAJARAN BERBASIS KPS PADA MATERI JAMUR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MAN 1 ACEH SELATAN

Selvia Marjuanda, Eva Nauli Taib, Mulyadi Mulyadi

Abstract


Kurangnya konsep pemahaman siswa pada materi jamur ini berdampak terhadap hasil belajar siswa yang masih dibawah kriteria yaitu 65 dari KKM 70. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MAN 1 Aceh Selatan dengan penerapan pembelajaran berbasis KPS pada materi jamur. Penelitian dilakukan pada hari sabtu tanggal 18 Januari 2020. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksprimen, rancangan penelitian yang digunakan yaitu quasy eksperiment dan desain penelitian yang digunakan yaitu post-test one group design. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen yaitu dengan nilai rata-rata 72,82 sedangkan kelas kontrol dengan nilai rata-rata 64. Jumlah siswa yang melewati KKM pada kelas eksperimen berjumlah 20 siswa dan yang tidak melewati KKM berjumlah 9 siswa sedangkan jumlah siswa yang melewati KKM pada kelas kontrol berjumlah 13 siswa dan yang tidak melewati KKM berjumlah 18 siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis KPS pada materi jamur dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi jamur.

 


Full Text:

PDF

References


Anas Sudjono. 2007. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ayu Andriani. 2018. Praktis Membuat Buku Kerja Guru. Jawa Barat: CV Jejak.

Darmadi. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamka Belajar Siswa. Yogyakarta: Deeplubish.

Hilman Latief, dkk., 2014. Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Gea, Vol. 14, No.1.

Indrawati. 1999. Keterampilan Proses Sains: Tinjauan Kritis dari Teori ke Praktis. Bandung: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Juliansyah Noor. 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana.

La Rosiani. 2011. Pengaruh Pendekatan Keterampilan Proses Sains terhadap Hasil Belajar Kuasi Eksperimen di SMA Negeri 5 Kota Tanggerang Selatan, Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Lilis Kurniawati, dkk. 2015. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Praktikum Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP N 3 Sumber Kabupaten Cirebon. Jurnal Eduma. Vol. 4. No. 2.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Zayyana Fatati Azizah, dkk. 2018. Validasi Preliminary Product Fung-Cube pada pembelajaran fungi untuk siswa SMA. Jurnal Bioedukatika. Vol. 6. No. 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v8i2.9683

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0