PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATERI RUANG LINGKUP BIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 MUTIARA

Zuraida Zuraida, Salbiah Salbiah

Abstract


Penelitian dengan judul Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Pada Materi Ruang Lingkup Biologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Mutiara. Tujuan penelitian ini untuk menjabarkan peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran inkuiri pada materi ruang lingkup biologi di SMA Negeri 1 Mutiara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA N 1 Mutiara tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah siswa 180 orang. Dari keenam kelas X MIPA tersebut diberikan pre-test, kemudian yang diambil sebagai sampel hanya 2 kelas dilihat dari hasil nilai rata-rata yang hampir berdekatan.  Kemudian digunakan teknik random sampling (metode acak) untuk menentukan sebagai kelas eksperimen dan  kelas kontrol.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes yaitu tes akhir (post-test). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik uji-t. Berdasarkan hasil analisis N-Gain, nilai rata-rata post-test kelas eksperimen sebesar 0,43 dengan kategori sedang dan nilai rata-rata post-test kelas kontrol sebesar 0,24 dengan kategori rendah sehingga terjadi adanya peningkatan N-gain pada kelas eksperimen. Dari hasil analisis data diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,51 > 1,67 pada taraf signifikan 0,05. Berdasarkan data tersebut, makahipotesis yang dirumuskan yaitu penerapan model pembelajaran Inkuri dapat meningkatkan pemahaman konsep belajar siswa pada materi ruang lingkup biologi di kelas X SMA N 1 Mutiara dapat diterima kebenarannya.


Full Text:

PDF

References


Ahmad, S. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Grup.

Bakta, D. (2009). Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam. Edisi 5. Jakarta: Internal Publishing.

Hanafiah, N. (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rodaskarya

Nurdin, U. (2008). Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Bandung: CV Sinar baru

Ratih, Komang K. (2017). Pengaruh Penerapan Metode Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V SDN 1 Binakarya Buana. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung Bandar Lampung.

Riduwan. (2012). Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sipangkar, Y., dkk. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol. 7 No. 2.

Kusumo, S., Cokro Aminoto. (2009). UU SISDIKNAS no. 20 tahun 2003. Jakarta: Alfabeta

Sudjana. (2005). Metode Statiska Edisi ke-6: Bandung.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suryosubroto. (2002). Psikologi Pendidikan. Rajawali: Jakarta.

Wahyuni, R dkk. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi Vol. 2, No. 4.

Zuraida. Asma, C N. (2018). “Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Konsep Sistem Pencernaan Makanan pada Manusia di SMP Negeri 2 Bandar Dua”. Universitas Jabal Ghafur Sigli.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v8i2.9685

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0