PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA ORGAN GERAK HEWAN MELALUI DISCOVERY LEARNING DI SEKOLAH DASAR NEGERI DASAN RAJA KECAMATAN PENANGGALAN

Arif Usman, Nurdin Amin

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran untuk memahami konsep-konsep yang mereka pelajari melalui pengalaman langsung dan menghubungkannya dengan pengalaman-pengalaman nyata. Keterlibatan aktif tersebut akan membuat siswa memperoleh pengalaman belajar yang luas sehingga dimungkinkan siswa dapat mencapai hasil belajar yang lebih bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Dasan Raja Kecamatan Penanggalan melalui penerapan model Discovery Learning pada tema Organ Gerak Hewan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berlangsung dalam 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas V kompetensi keahlian multimedia SD Negeri Dasan Raja. Tempat penelitian di SD Negeri Dasan Raja Kecamatan Penanggalan yang dilaksanakan pada bulan Oktober s/d November 2020. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Instrumen penelitian berupa lembar observasi untuk mengetahui keaktifan siswa, dan tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda diperluas yang berjumlah 10 soal di setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada keaktifan siswa sehingga dapat tercapainya ketuntasan klasikal. Persentase keaktifan siswa pada siklus I yaitu 79,51% meningkat menjadi 87,67% pada siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus I tergolong rendah dengan ketuntasan klasikal 76,47%, meningkat pada siklus II dan mencapai ketuntasan klasikal dengan persentase ketuntasan 91,42%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning pada tema Organ Gerak Hewan dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.


Full Text:

PDF

References


Astuti, Meiria Sylvi. 2015. “Peningkatan Keterampilan Bertanya dan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 SDN Slungkep 03 Menggunakan Model Discovery Learning”. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol. 5. No. 1.

Hidayatulla. 2018. Penelitian Tindakan Kelas. Banten: LKP Setia Budhi.

Gunawan, Indra. 2019. “Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika Materi Barisan dan Deret Bilangan dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Siswa Kelas IXG SMPN 1 Pejagoan Tahun Pelajaran 2018/2019”. Jurnal Pendidikan Empirisme. Vol. 6. No. 29.

Mawardi, Pitalis. 2020. Penelitian Tindakan Kelas, Penelitian Sekolah dan Best Practise. Pasuruan: Qiara Media.

Mumin S, Abdul dan Elis Sri R. 2017. “Penggunaan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Tema 1 Benda-Benda Lingkungan Sekitar Subtema 1 Wujud Benda dan Cirinya di Kelas V SDN Rancasawo 1”. Didakti: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. III. No. 1.

Nismalasari., dkk. 2016. “Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Getaran Harmonis”. Jurnal EduSains. Vol. 4. No. 2.

Nurizzati, Yeti. 2014. “Ketertolakan Laporan Hasil Penelitian Tindakan Kelas”. Jurnal Edukasi Sosial. Vol. 8. No. 1.

Sumarno. 2017. “Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Materi Otonomi Daerah dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Siswa Kelas IX A SMP Negeri 4 Nguter Sukoharjo Tahun Pelajaran 2015/2016”. Jurnal Konvergensi. Vol. V. No. 20.

Winarti. 2013. “Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Penyusutan Aktiva Tetap dengan Metode Menjodohkan Kotak”, Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan. Vol. VIII. No. 2.

Windarti, Yulita., Slameto., Eunice Widyanti s. 2018. “Peningkatan Kemampuan Berpikir kritis dan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD”. Jurnal Pendidikan Berkarakter. Vol. 1. No. 1.

Wulandari, Nyana., Slameto., Eunice Widyanti Setyaningtyas. 2018. “Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa dan Hasil Belajar Tematik Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Puzzle pada Siswa Kelas 5 SDN Sidorejo Kidul 2”. Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan. Vol. V. No. 3.

Yudha, Rahmat Putra. 2018. Motivasi Berprestasi dan Disiplin Peserta Didik Serta Hubungannya dengan Hasil Belajar. Pontianak: Yudha English gallery.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v8i2.9686

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0