UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN TEORI KINETIK GAS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS XI MIA 3 MAN 1 ACEH BESAR TAHUN AJARAN 2019/2020

Authors

  • Azumah Hanim Madrasah Aliyah Negeri 1 Aceh Besar

DOI:

https://doi.org/10.22373/pbio.v8i1.9687

Abstract

Jenis penelitian ini adalah “penelitian tindakan kelas” (PTK), yang dilakukan di MAN 1 Aceh Besar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada materi teori kinetik gas. Jenis penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 3 semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Berdasarkan hasil siklus I nilai rata-rata yang diperoleh adalah 73,56 dan aktivitas siswa dalam kategori cukup. Pada hasil siklus II nilai rata-rata yang diperoleh adalah 78,78 dan aktivitas siswa dalam kategori aktif. Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.

Author Biography

  • Azumah Hanim, Madrasah Aliyah Negeri 1 Aceh Besar

    Madrasah Aliyah Negeri 1 Aceh Besar

References

Arends, Richard. 2001 Learning to Teach. McGraw-Hill Companies, Inc. New York

Efrizon Umar, 2007. Fisika dan Kecakapan Hidup untuk SMA kelas XI IPA, Ganeca Exact, Jakarta

Lie Anita, Cooperative Learning. Mempraktekkan cooperative learning di ruang-ruang kelas, Jakarta: Grasindo 2002

Ibrahim, Muslimin, dkk. 2000. Pembelajaran kooperatif. University Press, Universitas Negeri Surabaya

Marthen Kanginan, 2004. Fisika untuk SMA Kelas XI semester 2 IIB, Erlangga, Jakarta.

Nasution, S. 2000. Berbagai pendekatan dalam proses belajar dan mengajar, Bumi Aksara. Jakarta

Suharsimi Arikunto, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara, 2006

Usman, 2005. Penerapan pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan NHT, Universitas Negeri Surabaya

Wina Sanjaya, 2009. Penelitian Tindakan Kelas, Kencana, Jakarta.

Yuyun Dwitasari, 2007. Strategi-strategi pembelajaran untuk Penelitian Tindakan Kelas, Surya pena gemilang, Jakarta.

Downloads

Published

2020-06-07