PEMULIHAN EKOSISTEM SEBAGAI SOLUSI MASALAH LINGKUNGAN GLOBAL

Panut Hadisiswoyo

Abstract


Dunia termasuk Indonesia menghadapi masalah lingkungan kritis tanpa banyak disadari oleh banyak orang.  Masalah lingkungan adalah masalah global karena fenomena yang terjadi saling berkaitan antar satu wilayah dengan wilayah lain dan berdampak pada kehidupan mahluk hidup  diseluruh muka bumi.  Masalah-masalah seperti Perubahan Iklim, Pemanasan Global, Kepunahan Species/Hilangnya Keanekaragaman Hayati, Deforestasi, Polusi, Sampah, dan Perilaku tidak ramah lingkungan akan memberi dampak serius pada ekosistem sehingga akan merubah tatanan kehidupan masyarakat global. Penanganan masalah lingkungan harusnya berbasis ekosistem melibatkan seluruh manusia yang menggunakan jasa keanekaragaman hayati dan ekosistem untuk beradaptasi dengan efek buruk dari perubahan iklim dan mempromosikan pembangunan berkelanjutan. Melibatkan upaya konservasi, pengelolaan berkelanjutan dan pemulihan ekosistem adalah solusi hemat biaya yang dapat membantu manusia beradaptasi dengan dampak persoalan lingkungan. Pendekatan manajemen ekosistem akan secara efektif berkontribusi pada upaya adaptasi perubahan iklim global, namun diperlukan lebih banyak investasi dan integrasi berbasis ekosistem ke dalam kebijakan tata kelola pemerintahan yang sepenuhnya diintegrasikan ke dalam kebijakan konservasi. Dengan melibatkan penerapan mekanisme pembangunan yang ramah lingkungan dan keanekaragaman hayati, Indonesia dapat memasukkan pendekatan ini sebagai pencapaian Perjanjian Paris tentang perubahan iklim dan Strategi dan Rencana Aksi Keanekaragaman Hayati Nasional (NBSAP) CBD, dan juga Sustainable Development Goals (SGD).


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v7i1.9702

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0