KOMPOSISI FUNGI Mikoriza arbuskula (FMA) PADA BEBERAPA JENIS POHON DI PEGUNUNGAN GAMPONG IBOIH SABANG

Nurul Akmal, Wirda Hari Yani, Yuni Imrotun Khasanah, Zuraidah Zuraidah

Abstract


Upaya Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komposisi fungi Mikoriza arbuskula pada beberapa jenis pohon di penggunungan Gampong Iboih Sabang. Penelitian ini menggunakan metode secara langsung dengan mengali tanah dan mengambil sampel tanah sebanyak 800 gram yang kemudian di centrifuge. Adapun yang diteliti merupakan jenis komposisi pohon yang banyak didapatinya fungi Mikoriza arbuskula. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jenis pohon yang banyak didapati adanya Mikoriza adalah pohon cengkeh yaitu jenis spesies Sclerocystis clavispora dengan komposisi persentase sebesar 36%. Banyak tidaknya fungi Mikoriza pada jenis tumbuhan dipengaruhi oleh karena  bentuk akar tumbuhan yang berupa akar tunggang atau akar serabut, tekstur akar, jenis akar dan kondisi  lingkungan.


Full Text:

PDF

References


Hadianur, 2006. “Pengaruh Aplikasi Fungi Mikoriza arbuskula Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Tomat (Lycopersium esculentum Mill)”. Jurnal Agrista. Vol.20 No.3.

Luthfi, Hafiz. 2016. “Pengaruh Aplikasi Fungi Mikoriza arbuskula Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Beberapa Varietas Cabai Merah (Capcicum annum L).” Skripsi. Universitas Lampung.

Muryati, Sri. 2016. “Keanekaragaman Fungi Mikoriza arbuskula (FMA) Pada Rhizosfer Desmodium pp Asal Pt.Cibaling Sumberdaya Banten”. Jurnal Silvikultur Tropika. Vol. 7 No. 3.

Sukmawati, Eka. dkk. 2016. “Identifikasi Cendawan Mikoriza arbuskula dari Perakaran Tanaman Pertanian” Jurnal Biogenesis Vol.4. No.1.

Yunus, Muhammad. 2016. “Pemanfaatan Fungi Mikoriza arbuskula Spesifik Lokasi Dan Pupuk Kompos Tandan Kosong Kelapa Sawit Pada Tanah Ultisol Terhadap Pertumbuhan Tanaman Kelapa Sawit”. Jurnal Agrista. Vol.20 No.3.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v7i1.9703

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0