KELIMPAHAN POPULASI DAN POLA DISTRIBUSI Littorina scabra DI PERAIRAN HUTAN MANGROVE TEUPIN LAYEU KOTA SABANG

Rizka Rahmatia, Ulfa Melly Yanti, Nafisah Hanim

Abstract


Littorina scabra  merupakan hewan dari famili Littorinidae yang hidup di air payau pada substrat dasar berlumpur yang dipengaruhi oleh pasang surut air laut, dan merupakan salah satu kunci dalam rantai makanan di ekosistem perairan mangrove. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelimpahan populasi dan pola distribusi Littorina scabra di perairan Mangrove Teupin Layeu Kota Sabang. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 7 Mei 2018 di Ekosistem mangrove Jurong Teupin Layeu, Gampong Iboih, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang. Metode yang digunakan adalah metode destructive dan non destructive. Analisis data dengan menggunakan rumus kelimpahan populasi dan Indeks Morisita. Hasil penelitian diperoleh data kelimpahan Littorina scabra di perairan Mangrove Teupin Layeu Kota Sabang dengan kelimpahan tertinggi yaitu 23 ind/m2sedangkan kelimpahan terendah yaitu 1  ind/m2. Hasil nilai indeks distribusi menunjukkan bahwa pola distribusi pada Littorina scabra di perairan Mangrove Teupin Layeu Sabang tergolong seragam dengan nilai 1,18.

Full Text:

PDF

References


Jamil. dkk. 2016. “Kelimpahan dan Distribusi Gastropoda Berdasarkan Ukuran Cangkang Pada Ekosistem Mangrove di Desa Maligano Kecamatan Maligano Kabupaten Muna”. J. AMPIBI : 1(2). 22-26.

KLHK, 2014. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, The Fifth National Report to the Convention On Biological Diversit. Jakarta: Indonesia.

Nontji, A, 2007. Laut Nusantara. Djambatan: Jakarta.

Nurfitriani, et. al., 2017. “Keanekaragaman Gastropoda Di Kawasan Hutan Mangrove Alami Di Daerah Pantai Kuri Desa Nisombalia Kecamatan Marusu Kabupaten Maros”. Jurnal Bionature. 18 (1). 72.

Suratissa, D. M., Rathnayake, U. S. 2017. “Diversity and distribution of fauna of the Nasese Shore, Suva, Fiji Islands with reference to existing threats to the biota”. Asia-Pacific Biodiversity. 9 (1). 11-16.

Syahrial dan Nanang Karsim. 2018. “Distribusi Spasial Gastropoda Littoraria scabra Di Hutan Mangrove Pulau Tunda, Serang, Banten”. JMRT, 1(1).17.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v7i1.9756

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0