POLA PENYEBARAN TUMBUHAN DI KAWASAN LANDAI PANTAI IBOIH SABANG

Rantika Desriyanty, Melian Karlita, Muslich Hidayat

Abstract


Vegetasi tumbuhan yang terdapat di kawasan pantai Iboih Sabang merupakan vegetasi yang berhabitus herba, semak, dan pohon. Penelitian tentang “Pola Penyebaran Tumbuhan di Kawasan Landai Pantai Iboih Sabang” dilaksanakan pada bulan Mei 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola penyebaran tumbuhan yang terdapat di kawasan tersebut. Metode yang di gunakan adalah metode survei dan metode kuadrat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat  25 spesies yang terdiri dari 3 habitus yaitu herba sebanyak 8 spesies, semak sebanyak 7 spesies, dan pohon sebanyak 10 spesies. Total keseluruhan pola penyebaran tumbuhan dari ketiga habitus tersebut di Kawasan Landai Pantai Iboih Sabang diperoleh pola penyebaran dengan kriteria berkelompok.


Full Text:

PDF

References


Kuchler AW. 1967. Vegetation mapping, 472. Ronald Pr, New York.

Nadakuvaren & Cracken. 1985 dalam Hutasuhut, M. A 2011. Studi Tumbuhan Herba Di Hutan Sibayak I . Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sumatera Utara, Medan.

Wahyudi Agung. 2014. “Keanekaragaman Jenis Pohon Di Hutan Pendidikaan Konservasi Terpadu Tahura Wan Abdul Rachman”, jurnal sylva restari, 2(3). 2014.

Hilwan. 2014. “Keanekaragaman Jenis Tumbuhan Bawah Pada Tegakan Sengon Buto (Enterolobium Cyclocarpum) Dan Trambesi (Samanea Saman) Di Lahan Pasca Tambang Batu Bara PT Kitadin Kalimantan Timur. Jurnal silkutur tropical.

Wahidah, W. B. 2015. Pola Distribusi dan Keanekaragaman Jenis Pohon di Kebun Raya Lemor Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. Prosiding Seminar Nasional Mikrobiologi Kesehatan dan Lingkungan.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v7i1.9765

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0