KAJIAN EKOLOGI FUNGI Mikoriza arbuskula (FMA) DI KAWASAN HUTAN LINDUNG TAMAN WISATA ALAM KOTA SABANG

Cut Ferras Dwi Kartika, Sri Murni, Muslich Hidayat

Abstract


Fungi Mikoriza arbuskula merupakan organisme yang berasal dari golongan fungi yang menggambarkan suatu bentuk hubungan simbiosis mutualisme antara fungi dan akar tumbuhan. Populasi dan keragaman Mokoriza arbuskula sangat  dipengaruhi oleh faktor biotik dan faktor abiotik (fisika dan kimia).  Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2018 dan bertujuan untuk mengetahui kajian ekologi fungi Mikoriza arbuskula (FMA) di Kawasan Hutan Lindung Taman Wisata Alam Kota Sabang. Adapun yang diteliti merupakan kajian ekologi fungi Mikoriza arbuskula. Penelitian ini menggunakan metode teknik sampling secara langsung dengan menggali tanah dan mengambil sampel tanah sebanyak 800 gram yang kemudian di centrifuge. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor biotik dan abiotik dapat mempengaruhi keberadaan dan jumlah fungi Mikoriza arbuskula, diantaranya yaitu suhu, kelembaban, pH, dan akar tumbuhan. Hal ini dibuktikan dari jenis Mikoriza arbuskula yang dominan yaitu Sclerocystis clavispora, Constitum dan yang sedikit Constitum.


Full Text:

PDF

References


Delvian. 2006. Peran Ekologi dan Agronomi Cendawan Mikoriza arbuskula. Skripsi. Universitas Sumatera Utara.

Luthfi, Hafiz. 2016. “Pengaruh Aplikasi Fungi Mikoriza arbuskula Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Beberapa Varietas Cabai Merah (Capcicum annum L).” Skripsi. Universitas Lampung.

Novita, Selly. 2017. Populasi Keragaman Fungi Mikoriza arbuskula pada Rizofir Ubi Kayu Klon Kasetsart di Kabupaten Lampung Timur Tulang Bawang Barat. Skripsi. Universitas Bandar Lampung.

Purba, Perdana, dkk. 2014. Efektifitas Jenis Fungi Mikoriza arbuskula Terhadap Pertumbuhan Tanaman Karet (Hevea brassilensis muell. Arg) di Pembibitan. Jurnal Online Agroekoteknologi 2(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v7i1.9766

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0