STRATEGI PEMBINAAN DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI RELIGIUS PADA MUALAF ETNIS TIONGHOA DI ORGANISASI PERSATUAN ISLAM TIONGHOA INDONESIA (PITI) SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.22373/al-ijtimaiyyah.v7i2.10534Abstract
Abstract: This research is based on religious phenomena that occur in Indonesia, especially regarding religious conversion. The religious conversion is dominated by other religions who want to embrace Islam, where the majority of religious conversions occur in the ethnic Chinese environment. The Indonesian Chinese Islamic Association (PITI) in Surabaya is one of the institutions that oversees the development of converts to Islam and has a special strategy in fostering converts, especially the Chinese. This research is a qualitative research with a case study approach to determine the strategy of converting converts in the Indonesian Chinese Islamic Association Organization (PITI) Surabaya. Collecting data in this research is observation, interview and documentation. This study aims to answer, describe and analyze the problem of general description regarding the strategy of fostering ethnic Chinese converts at the Indonesian Chinese Islamic Association (PITI) Surabaya. The results showed that the general description of the strategies applied in instilling religious values in fostering ethnic Chinese converts to the Chinese Indonesian Islamic Association Organization (PITI) Surabaya included: 1) teaching; 2) habituation; 3) exemplary; 4) motivation; and 5) regulations.
Keywords: Development Strategy; Chinese Ethnic Converts; PITI Surabaya.
Abstrak: Penelitian ini didasarkan pada fenomena agama yang terjadi di Indonesia terkhusus perihal konversi agama. Konversi agama tersebut didominasi oleh agama lain yang ingin memeluk agama Islam, di mana perpindahan agama tersebut mayoritas terjadi di lingkungan etnis Tionghoa. Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Surabaya merupakan salah satu lembaga yang menaungi pembinaan mualaf dan memiliki strategi khusus dalam membina mualaf terkhusus etnis Tionghoa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk mengetahui strategi pembinaan mualaf di Organisasi Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Surabaya. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab, mendeskripsikan serta menganalisis permasalahan gambaran umum mengenai strategi pembinaan mualaf etnis Tionghoa di Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan temuan bahwa gambaran umum mengenai strategi yang diterapkan dalam menanamkan nilai-nilai religius membina mualaf etnis Tionghoa di Organisasi Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Surabaya meliputi: 1) pengajaran; 2) pembiasaan; 3) keteladanan; 4) motivasi; dan 5) peraturan.
Kata Kunci: Strategi Pembinaan; Mualaf Etnis Tionghoa; PITI Surabaya.
References
Asnami, Jamal Ma'mur. 2013. Buku panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.
Dokumentasi atau arsip di PITI Surabaya, 23 April 2021.
Firdaus, Moch. Akbar, “Kontrukis Sosial Budaya Mengenai Haji Pada Masyarakat Madura Di Keluruhan Situdopo, Kecematan Semampir, Kota Surabaya” Artikel Departemen Antropologis, FISIP, Universitas Airlangga.
Hakim, Ramlan, “Pola Pembinaan Muallaf di Kabupaten Sidrap Provinsi Sulawesi Selatan”, Al-Qalam, Vol. 19 No. 1 (2013).
Hamalik, Oemar. 2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamzah, Amir. 2019. Metode Penelitian Kualitatif Rekonstruksi Pemikiran Dasar serta Contoh Penerapan Pada Ilmu Pendidikan, Sosial dan Humaniora, Batu: Literasi Nusantara Abadi
Hasanah, Uswatun. “Model-model Pendidikan Karakter di Sekolah”, Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 7, No. 1, 2016.
Herdiansyah, Haris. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
https://www.cnnindonesia.com/nasional/20180526132530-20-301482/menilik-perjuangan-mualaf-dan-muslim-tionghoa-di-indonesia, diakses pada tanggal 29 Januari 2021.
https://www.musthafa.net/agama-agama-yang-diakui-di-negara, diakses pada tanggal 4 April 2021.
Mansur, Ahmad. 2016. Pendidikan Karakter Berbasis Wahyu. Jakarta: Gaung Persada Press.
Moleong, Lexy J. 1991. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
NK, Roestiyah. 2007. Masalah pengajaran sebagai suatu Sistem. Jakarta, Bina Aksara.
Padli. 1995. Strategi Pengelolaan Kinerja. Jakarta: PT Graha Grafindo.
Pitoyo, Agus Joko dan Hari Triwahyuni, “Dinamika Perkembangan Etnis di Indonesia Dalam Konteks Persatuan Negara”, Jurnal Populasi, Vol. 25 No. 1 (2017).
Undang-undang Dasar 1945.
Wawancara dengan Ustaz Gunawan Hidayat, selaku pembina PITI Surabaya, 25 April 2021.
Wawancara dengan Ustaz Supratno, selaku pembina PITI Surabaya, 25 April 2021.
Wawancara dengan Ustazah Nadhifa, selaku Sekertaris PITI Surabaya, 5 Februari 2021.
Wulandari, Nur Alfian. 2020. Dakwah Persuasif Pada Etnis Tionghoa. Tesis. Surabaya: UIN Sunan Ampel Surabaya.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in Jurnal Al-Ijtimaiyyah agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Acces)