MASYARAKAT DAN UPAYA PENGEMBANGAN WISATA DANAU LAOT TADU DI KECAMATAN TADU RAYA KABUPATEN NAGAN RAYA

Tika Agus Wahyuni, Rasyidah Rasyidah, Mahlil Mahlil, Rusnawati Rusnawati

Abstract


Abstract: The existence of Lake Laot Tadu Gampong Krueng Itam is a potential tourist location because of its beautiful landscape. It is also realized by the community so that various efforts are made to develop it. However, the development of community-based tourism is not an easy work. Some obstacles have reduced the spirit of the community, and have implications for the weakening of Laot Tadu’s tourism development efforts. This is the background of this research with the aim to study community efforts, as well as analyze opportunities and challenges for further development. The research approach is qualitative. Data collection techniques are interviews and observations. The results showed that the community started their efforts with a planning meeting on the development of lake tourism, then collaborated to clean the lake, and prepare road access to the lake, then prepare a business place. The opportunity is the view of Lake Laot Tadu from the side of Gampong Krueng Itam which is still very natural and beautiful compared to other gampong sides. However, other gampong is a challenge because of the diverse tourism diversification strategies. Part of the threat of this village tourism development strategy is the existence of a market in krueng itam gampong hall, which is actually a competitor to the tourist market in the lake.

Keywords: Lake Laot Tadu; Tourism; Community.

Abstrak: Keberadaan Danau Laot Tadu Gampong Krueng Itam merupakan lokasi wisata yang potensial karena keindahan alamnya. Hal ini juga disadari masyarakat sehingga berbagai upaya dilakukan untuk mengembangkannya. Namun, upaya pengembangan wisata gampong berbasis masyarakat ini bukanlah hal yang mudah. Beberapa  kendala membuat semangat masyarakat menjadi redup, dan berdampak pada melemahnya upaya pengembangan wisata Laot Tadu ini. Hal inilah yang menjadi latar belakang penelitian ini dengan tujuan untuk mengkaji upaya-upaya yang telah dilakukan masyarakat, serta menganalisis peluang dan tantangan untuk pengembangan selanjutnya. Pendekatan penelitian adalah kualitatif, dengan teknik pengumpulan data observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat mengawali upayanya dengan musyawarah perencanaan pengembangan wisata danau, lalu melakukan gotong royong pembersihan danau, dan membuka akses jalan, selanjutnya pengembangan tempat usaha usaha. Peluang yang dimiliki adalah pemandangan Danau Laot Tadu dari sisi Gampong Krueng Itam masih sangat alami dan terjaga dibandingkan dari sisi gampong lainnya. Akan tetapi gampong yang lainnya tetap menjadi tantangan karena strategi diversifikasi wisata yang beragam. Bagian dari kelemahan strategi pengembangan wisata desa ini adalah keberadaan pasar di balai gampong Krueng Itam, yang justru menjadi pesaing bagi pasar wisata di danau.

Kata Kunci: Danau Laot Tadu; Wisata; Masyarakat.


Full Text:

PDF INDONESIA

References


Departeman Agama RI. 2008. Al-Qur’an dan Terjemahnya, Bandung: Diponegoro.

Dimyati, Johni. 2013. Penelitian Pedidikan Dan Aplikasinya Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: Kencana. Diakses pada tanggal 15 Februari 2021, dari https://www.google.co.id/books/edition/Metodologi_Penelitian_Pendidikan_dan_Pal/M-VNDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Johni+Dimyati,+Metodologi+Penelitian+Pendidikan+Dan+Implikasinya+Pada+Pendidikan+Anak+Usia+Dini+(PAUD),+(Jakarta:+Kencana,+2013&printsec=frontcover.

Hanief, Shofwan dan Dian Pramana. 2018. Pengembangan Bisnis Pariwisata dengan Media Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi. Diakses pada tanggal 5 November 2020 dari https://books.google.co.id/books?id=XBZNDwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false.

Nur’aini Dwi Fatimah, Fajar. 2016. Teknik Analisis SWOT. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia, Diakses pada tanggal 6 Juli 2021, dari https://www.google.co.id/books/edition/Teknik_Analisis_SWOT/CRL2DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=swot+adalah&pg=PA27&printsec=frontcover.

Saleh Luturlean, Bachruddin, dkk. 2019. Strategi Bisnis Pariwisata. Bandung: Humaniora.

Setya R, W. 2020. Indonesia Nan Indah; Danau Dan Waduk. Semarang: Alprin.

Solong, Aras. 2020. Manajemen Sumber daya Manusia Menunjang Kinerja Aparatur Berkualitas. Yogyakarta: Deepublish.

Sugiyono, 2013, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sulistyadi, Yohanes dkk. 2019. Pariwisata Berkelanjutan Dalam Perspektif Pariwisata Budaya di Taman Hutan Raya Banten. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Supriadi, Bambang dan Nanny Roedjinandari. 2017. Perencanaan dan Pengembangan Destinasi Pariwisata. Malang: Universitas Negeri Malang.

Umrati dan Hengki Wijaya. 2020. Analisis Data Kualitatif Teori Konsep Dalam Penelitian Kehidupan. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray. Diakses pada tanggal 5 Februari 2021, dari https://www.google.co.id/books/edition/Analisis_Data_Kua litatif_Teori_Konsep_da/GkP2DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Umrati+dan+Hengki+Wijaya,+Analisis+Data+Kualitatif+Teori+Konsep+Dalam+Penelitian+Kehidupan,+(Makassar:+Sekolah+Tinggi+Theologia+Jaffray,+2020),&printsec=frontcover.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/al-ijtimaiyyah.v8i1.13331

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Tika Agus Wahyuni, Rasyidah, Mahlil, Rusnawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Al-Ijtimaiyyah has been indexed by:

        

JURNAL AL-IJTIMAIYYAH 
P-ISSN 2654-5217
E-ISSN 2461-0755
Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh, Indonesia
 
E-mail: alijtimaiyyahjurnal@gmail.com