STRATEGI PENINGKATAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT PADA MASA COVID-19 DI LANGKAT, BINJAI, DAN KARO

Nur Aflah Yusdha, Ainun Mardziah, Ilham Mirzaya Putra

Abstract


Abstract: The global Covid-19 pandemic that hit every country in the world in 2020 has affected everyone's life. When the government enforces a policy of limiting activities to suppress the spread of the Covid-19 virus, the main impact on the economy that people rely on is almost all sectors in Indonesia. Moreover, the Covid-19 pandemic has resulted in a decline or slowdown in the economic sector in Indonesia. In order for SMEs in this sector to survive, they must be able to develop measures and strategies to improve the community's economy during the Covid-19 period in Langkat, Binjai, and Karo, and the purpose of this research is to help SMEs to improve from each product they produce, so that survive the pandemic. This study uses a comparative method of qualitative research methods, namely a qualitative approach that involves research procedures that produce descriptive information in the form of written or spoken language of individuals and observed behavior. Data collection techniques through observation, interviews and documentation. Qualitative analysis techniques were used for data analysis. This research uses source triangulation to get more accurate SMEs data. The results show that SMEs stakeholders need to implement the following strategies to survive the pandemic. This means using marketing through social media such as Instagram, Facebook and WhatsApp in collaboration with online transportation service providers such as Go-Food and Grab-Food, innovation in their products.

Keywords:  Strategy; Economy; Pandemic; SMEs.      

Abstrak: Pandemi global Covid-19 yang melanda setiap negara di dunia tahun 2020 sudah telah mempengaruhi kehidupan setiap orang. Ketika pemerintah memberlakukan kebijakan pembatasan kegiatan untuk menekan penyebaran virus Covid-19, dampak utama terhadap perekonomian yang tumpuan masyarakat hampir terjadi di semua sektor di Indonesia. Apalagi, pandemi Covid-19 yang mengakibatkan turunnya atau memperlambat dalam sektor ekonomi di Indonesia. Agar UKM di sektor ini dapat bertahan, mereka harus mampu mengembangkan langkah dan strategi peningkatan perekonomian masyarakat pada masa  Covid-19 di Langkat, Binjai, dan Karo, dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu UKM dapat meningkatkan dari setiap produk yang mereka hasilkan, sehinga dapat bertahan di tengah Pandemi. Penelitian ini menggunakan metode komparatif metode penelitian kualitatif, yaitu pendekatan kualilatif yang melibatkan prosedur penelitian yang menghasilkan informasi deskriptif dalam bentuk bahasa tertulis atau lisan individu dan perilaku yang diamati. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis kualitatif digunakan untuk analisis data. Penelitian ini dilakukan  menggunakan triangulasi sumber untuk mendapatkan data UKM yang lebih akurat. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemangku kepentingan UKM perlu menerapkan strategi berikut untuk bertahan dari pandemi. Artinya menggunakan pemasaran melalui media sosial berupa Instagram, Facebook dan WhatsApp bekerjasama dengan pihak penyedia jasa transportasi online seperti Go-Food dan Grab-Food, inovasi dalam produk mereka.

Kata Kunci:  Strategi; Perekonomian; Pandemi; UKM.

Full Text:

PDF INDONESIA

References


“Perekonomian Indonesia di Tengah Wabah Covid-19” 2020, dikutip melalui https://iap2.or.id/perekonomian-indonesia-di-tengah-wabah-covid-19/.

Ade Onny Siagian and Yoyok Cahyono, “Strategi Pemulihan Pemasaran UMKM di Masa Pandemi Covid-19 Pada Sektor Ekonomi Kreatif,” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Bisnis 3, no. 1 (2021): 206–17, https://doi.org/10.47233/jiteksis.v3i1.212.

Ainur Rohmah, “Pandemi Covid-19 dan Dampaknya Terhadap Perilaku Konsumen di Indonesia,” Jurnal Inovasi Penelitian 1, No. 3 (2020): 1–4.

Boge Triatmanto, Anwar Sanusi, dan Aris Siswati, “Strategi Mempertahankan Usaha dan Meningkatkan Peran Masyarakat di Masa Covid-19 Pada Kegiatan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Batik Zheng,” JAST : Jurnal Aplikasi Sains dan Teknologi 4, No. 2 (2021): 142–52, https://doi.org/10.33366/jast.v4i2.2063.

Ewis Satryawan, “Studi Komparatif Prestasi Belajar Mahasiswa Antara Penerima Beasiswa Dengan Tidak Penerima Beasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Ganesha Angkatan 2011,” Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi (JPPE) 7, No. 2 (2016).

Januar Eko Aryansyah, Dwi Mirani, dan Martina, “Strategi Bertahan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Sektor Kuliner Di Masa Pandemi Covid-19,” Semnas AVoER XII 2020 Palembang, No. November (2020): 323–29, http://ejournal.ft.unsri.ac.id/index.php/avoer/article/view/165.

Jihan Kirana et al., “Analisis Dampak Covid-19 Pada Masyarakat Sumatera Utara,” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Prodi PGSD 1, no. 1 (2020): 64–69.

Khotimatus Sangadah dan Jesslyn Kartawidjaja, “No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における健康関連指標に関する共分散構造分析Title,” Orphanet Journal of Rare Diseases 21, No. 1 (2020): 1–9.

Muhammad Nur Abdi. "Krisis Ekonomi Global dari Dampak Penyebaran Virus Corona (Covid-19)." AkMen Jurnal Ilmiah 17.1 (2020): 90-98.

Nuniek Dewi Pramanik, “Dampak Bantuan Paket Sembako dan Bantuan Langsung Tunai Terhadap Kelangsungan Hidup Masyarakat Padalarang Pada Masa Pandemi Covid-19,” Jurnal Ekonomi, Sosial dan Humaniora 01, No. 12 (2020): 113–20.

Oki Dwi Saputro, “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Studi Kasus di Sentra Industri Tepung Tapioka Desa Pogalan, Kecamatan Pogalan, Kabupaten Trenggalek,” J+Plus Unesa 5, No. 1 (2016): 1–16, https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/14702.

Prodi Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam et al., “Strategi UMKM Untuk Meningkatkan Perekonomian Selama Pandemi Covid-19 Pada Saat New Normal,” OECONOMICUS Journal of Economics 5, No. 1 (2020).

Siti Rahmah Ritonga et al., “Analisis Pendapatan Dan Strategi Bertahan Hidup Petani Karet Sebelum Dan Saat Pandemi Covid-19 Studi Kasus Di Desa Padang Manjoir Kecamatan Portibi Kabupaten Padang Lawas Utara,” Jurnal Pusat Studi Pendidikan Rakyat 2, No. 1 (2022): 62–75.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/al-ijtimaiyyah.v8i2.14083

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL AL-IJTIMAIYYAH



Jurnal Al-Ijtimaiyyah has been indexed by:

JURNAL AL-IJTIMAIYYAH 
P-ISSN 2654-5217
E-ISSN 2461-0755
Published by Department of Islamic Community Development, Faculty of Da'wah and Communication, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh, Indonesia

E-mail: alijtimaiyyahjurnal@gmail.com