STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM PENGELOLAAN SAMPAH DI BANK SAMPAH MAJU SELALU KELURAHAN MARUNDA JAKARTA UTARA

Indry Stefany, Isna Rahmawati

Abstract


Abstract: Garbage is a problem that needs attention, there are people who do not understand the problem of waste and waste management. This problem is also found in the community of RW 05 Marunda Village. In waste management, most people rely on (PPSU) and paid waste officers. The existence of the Forward Always Garbage Bank is a solution in changing the community's lifestyle. This study aims to determine the strategy and results of community empowerment carried out by the Maju Selalu Waste Bank. In this study the methodology used was a qualitative approach with a descriptive. Data collection techniques were obtained by means of observation, interviews and documentation, the data sources of which were primary data and secondary data. Data analysis techniques through data reduction, data presentation and drawing conclusions. The empowerment strategy carried out by the Maju Selalu waste bank consists of forming groups, mentoring which is seen from the function of the Maju Selalu waste bank as a facilitator, communicator, and dynamicator. The results of the empowerment carried out can help the community meet their daily needs and increase community capacity in waste management. The results of empowerment can refer to the ability of people so that they have the ability to meet basic needs, increase income and participate in the empowerment process.

Keywords: Empowerment Strategy; Garbage; Garbage Bank.

Abstrak: Sampah merupakan masalah yang perlu diperhatikan, terdapat manusia kurang mengerti mengenai permasalahan sampah dan pengelolaan sampah. Permasalahan tersebut juga terdapat pada masyarakat RW 05 Kelurahan Marunda. Dalam pengelolaan sampah kebanyakan masyarakat mengandalkan (PPSU) dan petugas sampah berbayar. Adanya Bank Sampah Maju Selalu sebagai solusi dalam mengubah pola hidup masyarakat tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dan hasil pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh Bank Sampah Maju Selalu. Pada penelitian ini metodologi yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, teknik pengumpulan data diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi yang sumber datanya berupa data primer dan data sekunder. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Strategi pemberdayaan yang dilakukan oleh Bank sampah Maju Selalu terdiri dari pembentukan kelompok, pendampingan yang dilihat dari fungsi Bank Sampah Maju Selalu sebagai fasilitator, komunikator, dinamisator. Serta strategi dalam perencanaan kegiatan. Hasil dari pemberdayaan yang dilakukan dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari dan meningkatkan kapasitas masyarakat dalam pengelolaan sampah. Adapun hasil dari pemberdayaan dapat merujuk pada kemampuan orang sehingga mereka memiliki kemampuan dalam memenuhi kebutuhan dasar, meningkatkan pendapatan dan berpartisipasi dalam proses pemberdayaan.

Kata Kunci: Strategi Pemberdayaan; Sampah; Bank Sampah.


Full Text:

PDF INDONESIA

References


Akmal Maulziandra & Muhtadi. 2021. “Partisipasi Masyarakat dalam Program Bank Sampah Serasi Wilayah Vila Dago RW 21 Benda Baru Pamulang Tangerang Selatan”, Jurnal Kommunity Online, Vol. 02 No. 02, hlm. 51.

Ardiansyah Tanjung. 2016. “Pemberdayaan Mayarakat Nelayan di Kecamatan Gunungsitoli Idanoi Kota Gunungsitoli”, Jurnal Ilmu Administrasi, Vol. 13 No. 1, hlm. 106.

Gogor Arif Handiwibowo & Lissa Rosdiana Noer. 2020. “Optimalisasi Bank Sampah Berbasis Pemberdayaan Masyarakat di Desa Randegan, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo”, JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), Vol. 1 No. 2, hlm. 205.

Hesty Kartikasari & Martinus Legowo. 2022. “Strategi Penanganan Sampah Melalui Program Bank Sampah di Kelurahan Bangkingan Kecamatan Lakarsantri”, Jurnal Ilmu-ilmu Sosial FISH Universitas Negeri Surabaya, Vol. 01, hlm. 132.

Sejati, Kuncoro. 2009. Pengolahan Sampah Terpadu Dengan Sistem Node, Sub Point, Center Point. Yogyakarta: Kanisius.

Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN), https://sipsn.menlhk.go.id/sipsn/public/data/timbulan, diakses pada tanggal 07 Agustus 2023.

Wawancara dengan Asep, Kelurahan Marunda, 17 April 2023.

Wawancara dengan Khoirillah & Muhina, Bank Sampah Maju Selalu RW 05 Kelurahan Marunda, 05 April 2023.

Wawancara dengan Khoirillah, Bank Sampah Maju Selalu RW 05 Kelurahan Marunda, 17 April 2023.

Wawancara dengan Aida, Marunda, 17 April 2023.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/al-ijtimaiyyah.v9i2.19892

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JURNAL AL-IJTIMAIYYAH



JURNAL AL-IJTIMAIYYAH has been indexed by:

JURNAL AL-IJTIMAIYYAH 
P-ISSN 2654-5217
E-ISSN 2461-0755