PERILAKU SOSIAL ANAK REMAJA KORBAN BROKEN HOME DALAM BERBAGAI PERSPEKTIF (Suatu Penelitian di SMPN 18 Kota Banda Aceh)

Mukhlis Aziz

Abstract


Perilaku sosial anak remaja korban broken home dalam lingkungan Sekolah SMP kususnya SMPN-18 Kota Banda Aceh, menarik untuk ditelusuri karena banyak anak korban broken home tingkat SMP perilaku social mereka sudah sangat menggelisahkan para guru. Perilaku-perilaku mereka menyebabkan banyak guru yang mengeluh karena suka melanggar aturan-aturan sekolah, bicara kasar, suka melawan/menentang, tidak berakhlaq, tidak sopan, tidak bermoral, malas ke sekolah, suka bolos, malas belajar, hilang semangat belajar, suka recok dan caper, suka mengganggu teman dan guru. Yang menjadi focus penelian ini adalah: 1) Apakah benar perilaku social anak-anak yang bermasalah disebabkan keluarga yang broken? 2) Bagaimana perilaku social mereka dan apakah perilaku-perilaku mereka sangat mengganggu proses belajar mengajar? Kemudian pendekatan penelitian yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan datanya sbb: 1) teknik observasi; 2) wawancara, dan 3) dokumentasi. Sedangkan analisis data digunakan teknik induktif ke deduktif, artinya dari kusus ke umum. Selanjutnya hasil temuan menunjukkan bahwa perilaku-perilaku social anak-anak yang bermasalah benar secara umum disebabkan latar belakang keluarganya yang tidak beres atau broken. Kasus-kasus anak broken home Nampak nyata dalam berbagai bentuk penyimpangan baik melalui observasi, wawancara, maupun dokumentasi, perilaku-perilaku mereka sangat mengganggu suasana kelas dan sangat-sangat mengganggu jalannya proses belajar mengajar, sehingga meresahkan para guru dalam proses belajar mengajar. Penulis berasumsi bahwa apa yang telah ditemukan pada salah satu sekolah tersebut, penulis yakin bahwa kasus yang sama juga terjadi di sekolah-sekolah yang lain dan perilaku-perilaku mereka juga kurang lebih akan sama.

Kata Kunci: Perilaku Sosial

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman Ahmad As-Sirbuny, Fadhilah Wanita Shalihah (Cerebon, Penerbit Pustaka Nabawi, tt)

Abuddin Nata, Pemikiran para Tokoh Pendidikan Islam: Kajian Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta, Penerbit Raja Grafindo persada, tahun 2003)

Abla Busat Gomma, Mahrat fi at-Tarbiyah li an-Nafsiah li Fardin Mutawzin wa Usrah Mutamsikah, Diterjemahkan oleh Mohd. Zaki Abdullah, Mendidik Mentalitas Anak: Panduan Bagi Orang Tua Untuk Menumbuhkan Mentalitas luarbiasa Pada Anak-Anaknya (Waringi Rejo, Cemani, Sukoharjo, 2006).

Abu Ahmadi, Sosiologi Pendidikan, (Jakarta, Penerbit Reneka Cipta, tahun 1991)

Burhan Bungin, Metode Penelitian kuantitatif, (Jakarta, Penerbit kencana, tahun 2005).

Dedi Mulyana, Metodologi Penelitian kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasidanb Ilmu Sosial lainnya (Bandung, Penerbit PT. Rosdakarya, tahun 2003).

Djalaluddin Ancok, Psikologi Terapan: Mengupas Dinamika Kehidupan Umat Manusia (Yogyakarta, Penerbit Darussalam, tahun 2003).

Faruq Al-Farabi, Remaja Gaul Kebablasan: Menyingkap Fenomena Pergaulan Remaja di Zaman Sekarang (Jombang, Penerbit Lintas Media, tt).

Nasution, Metode Risearch: Penelitian Ilmiah, (Jakarta, Penerbit Bumi Aksara, tahun 2000). Serambi News, 12 januari 2010.

Sevilla, G. Consuelo, dkk., Penerjemah, Alimuddin Tuwu, Pengantar Metodologi Penelitian, (Jakarta, Penerbit UI Press, tahun 1993).

Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, (Bandung, Penerbit Alphabeta, tahun 2013).




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/al-ijtimaiyyah.v1i1.252

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Sponsored by:

 

Member of:

    

Al-Ijitimaiyyah has been indexed by:

        

Reeference Tools:

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
© All rights reserved 2024. al ijtimaiyyah, p-ISSN : 2654-5217 | e-ISSN : 2461-0755

JURNAL AL-IJTIMAIYYAH. Published by Center for Research and Community Service (LP2M). Managed by Department of Islamic Community Development Faculty of Da'wah and Communication, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia.