RELIGIUSITAS MEDIA MASSA DALAM PERSPEKTIF TEOANTROPOSENTRIS ISLAM

Nanik Mujiati, Moh. Yunus

Abstract


This article examines about Islamic Theoantropocentric, a new paradigm of integration between the source of knowledge from Allah in the form of the Qur’an and human science. Islamic theoantroposentric phenomena that exist in the mass media space or called mass media religiosity. This form of religiosity is in the form of morals which is sourced from the revelation of Allah contained in the Qur’an and hadith. While the mass media itself is in the form of human knowledge such as print media, electronics and new media. The existence of integration between mass media and religion is complementary and become a unified whole. The use of mass media must be accompanied by the morals or ethics of the mass media. Mass media as public media must present religious content or that does not deviate from the teachings of Islam to meet the needs of the audience, especially Muslims themselves. So that the mass media with morals can create good communication and bring benefit to mankind, even the mass media can be a means of minimizing conflict.

Keywords: Theoantropocentric, Islamic, and Mass Media.


Full Text:

PDF

References


Adhitama, Tias Satrio. 2014. Kartun Humor dan Misi Dakwah dalam Media Cetak dalam Jurnal Komunikasi Islam, Vol. 4, No. 1 2014.

Aminuddin, Luthfi Hadi. 2010. Integrasi Ilmu dan Agama: Studi Atas Paradigma Integratif-Interkonektif UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam Jurnal Kodifikasia: Jurnal Penelitian Keagamaan dan Sosial-Budaya, Vol. 4, No. 1 2010.

Anwar, Muhammad Khairul. Teori-teori komunikasi media massa dalam academiaedu diakses 29 Agustus 2019.

Arifudin, Iis. 2016. Integrasi Sains dan Agama serta Implikasinya terhadap Pendidikan Islam dalam Jurnal Edukasia Islamika, Vol. 1, No. 1 2016.

Atabik, Ahmad. 2013. Prospek Dakwah Melalui Media Televisi dalam At-Tabsyir: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, Vol. 1, No. 2 2013.

Aziz, Moh. Ali. 2017. Ilmu Dakwah, Jakarta: Kencana.

Azizah, Nur. Hubungan Ilmu dan Agama dalam Perspektif Islam Telaah Pemikiran Kuntowijoyo. Dalam Jurnal Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam dan Sains, Vol. 1 2018.

Damayanti, Yani. 2013. Kampanye Kreatif Jokowi-Basuki Melalui Media Massa dalam Pilgub DKI Jakarta tahun 2012. Skripsi, Institute Agama Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Dewi, Maya Sandra Rosita. 2019. Islam dan Etika Bermedia (Kajian Etika Komunikasi Netizen di Media Sosial Instagram dalam Perspektif Islam dalam Research Fair Unisri, Vol. 3, No. 1 2019.

Fabriar, Silvia Riskha. 2014. Etika Media Massa Era Global dalam An-nida: Jurnal Komunikasi, Vol. 6, No. 1 2014.

Ferdiansyah, Hengki. “Tiga Akhlak Bermedia Sosial yang Sering Dilupakan”, dalam https://islami.co/tiga-akhlak-bermedia diakses pada 30 Agustus 2019.

Fitriansyah, Fifit. 2018. Efek Komunikasi Massa pada Khalayak (Studi Deskriptif Pengunaan Media Sosial dalam Membentuk Perilaku Remaja dalam Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika, Vol. 18, No. 2 2018.

Gazali, Hatim. “4 Respon Mengakhiri Sains dan Agama-RMI NU”, diakses pada 27 Agustus 2019.

Habibi, Moh. Mizan. 2016. Hubungan Antara Agama dan Sains dalam Pemikiran Ian G. Barbour dan Implikasinya terhadap Studi Islam dalam Jurnal el-tarbawi: Pendidikan Islam, Vol. 9, No. 1 2016.

Halwati, Umi. 2012. Difusi Islam Melalui Media Cetak dalam Komunika: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, Vol. 6, No. 2 2012.

Hardjana, Agus M. 2005. Religiositas, Agama dan Spiritualitas, Yogyakarta: Kanisius.

Hardyanti, Winda. 2017. Diskrepansi Kepuasan Pembaca Media Online Islam: Studi Komparatif Kesejangan Kepuasan membaca Situs eramuslim.com di Kalangan Dosen dan Mahasiswa di Malang dalam Jurnal Sospol, Vol. 3, No. 1 2017.

Hartanti, Puput Tri, Suyahmo dan Makmuri. 2016. Pengaruh Sinetron religius terhadap Moralitas Remaja di Desa Tamanrejo Kecamatan Limbangan Kendal dalam Unnes Civic Education Journal, Vol. 2, No. 1 2016.

Hidayatullah, Syarif. 2017. Relasi Agama dan Sains dalam Pandangan Mehdi Golshani dalam Jurnal Filsafat, Vol. 24, No. 1 2017.

Humas. “Peran Generasi Milenial bagi NKRI,” dalam https://setkab.go.id/peran-generas diakses pada 31 Agustus 2019.

Husni, Moh. (2017). Pesan-pesan Dakwah dalam Surat Kabar Harian Umum Media Kalimantan (Analisis Framing pada Rubrik Religi Edisi Juni 2016). Skripsi, Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin.

Kamus Besar Bahasa Indonesia offline, diakses pada 28 Agustus 2019.

Lestari, Utri Indah, Undang Suryatna dan AA Kusumadinata. 2018. Pengaruh Menonton Tayangan FTV Kuasa Illahi terhadap Perilaku Masyarakat dalam Jurnal Komunikatio, Vol. 4, No. 1 2018.

Liliweri, Alo. 2011. Komunikasi Serba Ada serba Makna, Jakarta: Kencana, 2011.

Mahanani, Prima Ayu Rizqi. 2014. Urgensi Pemahaman Etika Komunikasi Islami pada Mahasiswa perguruan Tinggi Agama Islam dalam Mengurangi Dampak Negatif Penggunaan Facebook dalam Jurnal Aspikom, Vol. 2, No. 2 2014.

Makhmudah, Siti. 2018. Hakikat Ilmu Pengetahuan dalam Perspektif Modern dan Islam dalam Jurnal al-Murabbi, Vol. 4, No. 2 2018.

Mastiyah, Iyoh. 2018. Religiusitas Siswa Madrasah Aliyah dan Sekolah Menengah Atas dalam Jurnal Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, Vol. 16, No. 3 2018.

Maulana, Luthfi dan Shinta Nurani. 2018. Integrasi Triadik Tafsir al-Qur’an: Upaya Penyelesaian Problem Kontemporer Indonesia dalam Living Islam: Journal of Islamic Discourses Committed, Vol. 1, No. 1 2018.

Maulida, Ali. 2013. Konsep dan Desain Pendidikan Akhlak dalam Islamisasi Pribadi dan Masyarakat dalam Jurnal Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 2 2013.

Mayasari, Ros. 2014. Religiusitas Islam dan Kebahagiaan dalam Jurnal Al-Munzir, Vol. 7, No. 2 2014.

Minan, Ihdal. 2016. Relasi Media Massa dan Dakwah Kontemporer dalam Jurnal al-Balagh: Dakwah dan Komunikasi, 2016.

Morissan. 2015. Teori Komunikasi Dari Individu Hingga Massa, Jakarta: Kencana.

Muiz, Abdul dan Fatoni. “Radio Dakwah Islam Nusantara Hadir di Pekalongan”, dalam https://www.nu.or.id/post/read/61 diakses pada 30 Agustus 2019.

Musyafak, M. Ali. 2013. Film Religi Sebagai Media Dakwah Islam dalam Jurnal Islamic Review, Vol. 2, No. 2 2013.

Nofrion. 2016. Komunikasi Pendidikan: Penerapan Teori dan Konsep Komunikasi dalam Pembelajaran, Jakarta: Kencana.

Nurhadi, Zikri Fachrul. 2017. Teori Komunikasi Kontemporer, Jakarta: Kencana, 2017.

Oktarina, Yetty dan Yudi Abdullah. 2017. Komunikasi dalam Perspektif Teori dan Parktik, Yogyakarta: Deepublish, 2017.

P, Ayu Puspita Shanty. (2015). Aspek Kognitif, Afektif dan Behavioral terkait Informasi Ekonomi dan Investasi di Kalangan Wakil Pialang Berjangka (Studi pada Karyawan PT. Victory International Futures Malang). Skripsi, Universitas Muhammadiyah Malang.

Pontoh, Zaenab dan M. Farid. 2015. Hubungan Antara Religiusitas dan Dukungan Sosial dengan Kebahagiaan Pelaku Konversi Agama dalam Jurnal Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, Vol. 4, No. 1 2015.

Pondok Modern Al-Barakah Nganjuk. “Isi Pokok Kandungan al-Qur’an”, dalam www.albarokah-pesantren.com/isi-pokok-kandungan- diakses 31 Agustus 2019.

Prasti, Rizka. (2010). Dakwah Melalui Media Radio (Analisis Program Cahaya Pagi di Radio Alaikassalam Sejahtera Jakarta (RAS FM)). Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Purwa, Muhammad Dwi Ari. (2015). Program Siaran Untaian Hikmah 107.9 fm Radio Dakwah Islam (DAIS) Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Semarang (Studi Metode Dakwah Bil-Lisan). Skripsi, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Rini. 2011. Peran Media Massa dalam Mendorong perubahan Sosial Masyarakat dalam Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis, Vol. 6 2011.

Ritonga, Elfi Yanti. 2018. Teori Agenda setting dalam Ilmu Komunikasi dalam Jurnal Simbolika, Vol. 4, No. 1 2018.

Rohamnu, Abid. 2019. Paradigma Hukum Islam Teoantroposentris: Telaah Paradigmatis Pemikiran Fazlur Rahman dan Abdullah Saeed dalam Jurnal Kodifikasia: Jurnal Penelitian Islam, Vol. 13, No. 1, 2019.

Rusuli, Izzatur dan Zakiyul Fuady M. Daud. 2015. Ilmu Pengetahuan dari John Locke ke Al-Attas dalam Jurnal Pencerahan, Vol. 9, No. 1 2015.

S, Sufyati H. 2019. Konvergensi Media dalam Religiusitas Masyarakat dalam Jurnal Sosiologi Reflektif, Vol. 13, No. 2 2019.

Sarhindi, Irfan L. “Media Sosial, Manipulasi Religiusitas, dan (Jatuhnya) Marwah Islam”, dalam https://m.detik.com/news/kolom/ diakses pada 01 September 2019.

Setiawan, Aris dan Niken Titi Pratitis. 2015. Religiusitas, Dukungan Sosial dan Resiliensi Korban Lumpur Lapindo Sidoarjo dalam Jurnal Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, Vol. 4, No. 2 2015.

Sumadi, Eko. 2016. Dakwah dan Media Sosial: Menebar Kebaikan Tanpa Diskriminasi dalam At-Tabsyir: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, Vol. 4, No. 1 2016.

Syahputra, Iswandi. 2016. Agama di Era Media: Kode Religius Dalam Industri Televisi Indonesia dalam Jurnal Esensia, Vol. 17, No. 1, April 2016.

Thoib, Ismail dan Mukhlis. 2013. Dari Islamisasi Ilmu Menuju Pengilmuan Islam: Melawan Hegemoni Epistemologi Barat dalam Jurnal Ulumuna: Jurnal Studi Keislaman, Vol. 17, No. 1 2013.

Umroh, Syayidatul. (2018). Strategi Dakwah Radio Suara Muslim Surabaya dalam Program Mozaik. Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Wahid, Umaimah. 2011. Rasionalitas Manusia dan Media Massa, Analisis Manusia Komunikatif Jurgen habermas terhadap Proses Pilkada pasca Reformasi 2010 dalam Ilmu Komunikasi: sekarang dan tantangan masa depan oleh Farid Hamid dan Heri Budianto, Jakarta: Kencana, 2011.

Warsiyah. 2018. Pembentukan Religiusitas Remaja Muslim (Tinjauan Deskriptif Analitis) dalam Jurnal Cendekia, Vol. 16, No. 1 2018.

Wibawa, Iwa. “Radio Komunikasi VHF Manpack”, dalam https://www.Len.co.id/radio-komunikasi diakses pada 30 Agustus 2019.

Wikanda, Fauzi. 2017. Komunikasi Media Massa dalam Al-Qur’an dalam Jurnal Pengembangan Masyarakat, Vol. 4, No. 4 2017.

Windiharta, Bima Suka. 2018. Pendampingan Orang Tua dalam Menanamkan Nilai-Nilai Religiusitas pada Anak Didik di Desa Tambi Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah dalam Jurnal Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, Vol. 2, No. 1 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/al-ijtimaiyyah.v6i2.7863

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Sponsored by:

 

Member of:

    

Al-Ijitimaiyyah has been indexed by:

        

Reeference Tools:

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
© All rights reserved 2024. al ijtimaiyyah, p-ISSN : 2654-5217 | e-ISSN : 2461-0755

JURNAL AL-IJTIMAIYYAH. Published by Center for Research and Community Service (LP2M). Managed by Department of Islamic Community Development Faculty of Da'wah and Communication, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia.