Classroom Action Research
DOI:
https://doi.org/10.22373/pjp.v4i1.159Keywords:
action research, classroom, teacherAbstract
Classroom Action Research (CAR) atau Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan penelitian yang dilakukan oleh guru (pendidik) di kelas atau tempat ia mengajar yang terfokus pada penyempurnaan proses dan praksis pembelajaran. Penelitian Tindakan Kelas berfungsi sebagai alat untuk menyelesaikan masalah-masalah yang muncul di kelas dan juga sebagai alat untuk in-service training, dimana guru menggunakan keterampilan dan metode-metode yang baru serta mempertajam kemampuan analitisnya. Selanjutnya, sebagai alat untuk menciptakan pembelajaran yang inovatif, sebagai alat untuk memperbaiki komunikasi antara guru dengan peneliti ilmiah, serta sebagai alat yang memberikan alternatif bagi permasalahan yang terjadi di kelas. PTK dilakukan melalui suatu siklus yang terdiri dari empat tahapan, dimulai dengan perencanaan aksi, dilanjutkan dengan aksi pembelajaran dan kegiatan observasi dan di akhiri dengan refleksi untuk menganalisis data yang diperoleh melalui aksi. PTK berbeda dengan penelitian formal atau ilmiah, meliputi pelatihan yang diperlukan oleh guru, tujuan penelitian, metode dalam mengidentifikasi masalah yang akan diteliti, penetapan teori dasar, penetapan sample penelitian, disain penelitian, prosedur pengukuran, analisis data, dan aplikasi hasil penelitian. Artikel ini diharapkan bisa membantu mahasisswa Prodi PGMI dalam melakukan penelitian mengingat mereka diwajibkan melakukan penelitian tindakan kelas untuk penyelesaian skripsi mereka.References
Allwright, Dick., Bailey, Kathlen M. 1991. Focus On The Language Classroom An Introduction To Classroom Research For Language Teachers. Cambridge: Cambridge University Press
Bogdan, Robert C . Biklen. Sari Knopp. 1992. Qualitative Research for Education An Introduction To Theory and Methods. London: Allyn and Bacon.
Borg, Walter R et.all.1992. Applying Educational Research A Practical Guide. New York: Longman.
Cameron-Jone. 1983. A Searching profession? The Growth of Classroom
Action Research. Scotland: Moray house College of Education Cohen, Louis. 1993. Research Methods In Education. London: Routledge Creswell,
John W. 1994. Research Design Qualitative and Quantitative Approaches, California: Sage Publication.
McDonough, Jo & Steven. 1997. Research Method for English Language Teacher, London: Hodder Education.
Muijs D. 2004. Doing Quantitative Research in Education with SPSS. London: Sage Publications.
Selinger. Herbert W and Elana Shohamy.1990. Second Language Research Methods. London: Oxford University Press.
Strickland.D. S. The Teacher as Researcher: Toward the Extended Professional’. Language Arts. Vol. 65
Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Sukardi, 2003. Metodologi Penelitian dan Praktiknya, Jakarta, Bumi Aksara
Tarone, Elaine E (ed). 2009. Research Methodology in Second-Language Acquisition, New York: Psychology Press.
Ur, Penny. 1996. A Course in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).