Alam Dan Sunnatullah Dalam Implementasi Pendidikan Sepanjang Hayat (Life Long Education)
DOI:
https://doi.org/10.22373/pjp.v5i1.163Keywords:
Alam dan Sunnatullah, Pendidikan Sepanjang HayatAbstract
Pendidikan Sepanjang Hayat (Life Long Education) secara makna haruslah jelas, komprehensif dan dibuktikan dalam pengertian, sikap, perilaku dan dalam penerapan terutama bagi para pendidik. Konsep Pendidikan Sepanjang Hayat (Life Long Education) tidak mengenal batas usia, semua manusia baik yang masih kecil hingga lanjut usia tetap menjadi peserta didik, karena cara Belajar Sepanjang Hayat dapat dilakukan dimanapun, kapanpun dan oleh siapapun. Hal ini berarti bahwa manusia mengalami proses pendidikan secara berkesenambungan atau kontinyu, serta berlangsung sampai ajalnya tiba, sebagaimana yang sering dikemukakan para ahli hikmah yakni; yang artinya: â€tuntutlah ilmu mulai dari ayunan sampai liang lahat†dan firman Allah swt dalam surat ad-Dukhaan ayat 38-39.References
Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, (Bandung: PT.Remaja Rosda Karya, 1984).
Amir Daien Indrakusuma, Pengantar Ilmu Pendidikan, (Surabaya: Usaha Nasional, 1973).
Coleman, J.S, How Do The Young Become Adult, Review of Educational Research, 1972.
Hasbullah, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2008).
Hatta Moh, Alam Pikiran Yunani, (Jakarta: Tinta Mas, 1961).
Jalaludin, Teologi Pendidikan, (Jakarta: PT. Raja Grafindo, 2000).
Mahmud Halim dan Ali Abdul, Pendidikan Ruhani, (Jakarta: Gema Insani Press, 2000).
Mohammad Nor Syam, Pengantar Dasar-Dasar Kependidikan, (Surabaya: Usaha Nasional, 1988).
M. Quraish Shihab, Tafsir Al-Misbah, (Jakarta: Lentera Hati, 2002).
Paul Lengrand, An Introduction to Life Long Education, (Paris: Unesco, 1970).
R.H. Dave, Foundation of Live Long Education, (England: Oxford; Pargament, 1973).
Ridhwan Nasir, Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005).
Roosdi Achmad Syuhada, Bimbingan dan Konseling dalam Masyarakat dan Pendidikan Luar Biasa, (Jakarta: Depdikbud, 2001).
Soelaman Joesoef, Konsep Dasar Pendidikan Luar Sekolah, (Surabaya: PT. Bumi Aksara, 1996), hal. 34.
St Vembriarto, Kapita Selekta Pendidikan, (Yogyakarta: Yayasan Pendidikan Paramita, 1981), hal. 100
Sumadi Suryabrata, Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Rajawali Press, 1991).
Zahara Idris, Dasar-Dasar Kependidikan, (Bandung: Angkasa, 1981).
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).