Pelaksanaan Pakem Dalam Pembelajaran Fiqih Pada Min Seutuy Kota Banda Aceh
DOI:
https://doi.org/10.22373/pjp.v5i1.168Keywords:
PAKEM, Pembelajaran FiqihAbstract
Penelitian ini dilakukan di MIN Seutuy Kota Banda Aceh. Permasalahan yang peneliti kemukakan dalam penelitian ini adalah : bagaimana pelaksanaan PAKEM dalam pembelajaran fiqh di MIN Seutuy Kota Banda Aceh dan factor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan PAKEM di MIN Seutuy Kota Banda Aceh. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan PAKEM dalam pembelajaran fiqh di MIN Setuy Kota Banda Aceh dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan PAKEM di MIN Setuy Kota Banda Aceh. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 29 siswa kelas V-A terdiri dari 15 orang perempuan dan 14 orang siswa laki-laki. Data ini diperoleh dengan mengedarkan angket kepada responden sebanyak 15 item pertanyaan. Sedangkan tehnik lainnya yaitu wawancara langsung dengan guru fiqh dan kepala sekolah, sebagai upaya untuk menguatkan data angket, kemudian data yang telah dikumpulkan diolah dengan statistik sederhana (rumus persentase). Hasil penelitian menggambarkan bahwa seluruh guru fiqh pada MIN Setuy Kota Banda Aceh pernah memberikan penghargaan kepada siswa yang berhasil mencapai nilai yang terbaik dalam pelajaran fiqh. Penghargaan yang diberikan tersebut ada dalam bentuk pujian dan hadiah berupa buku tulis. Hal ini menunjukkan bahwa perhatian guru fiqh di MIN Setuy Kota BandaAceh terhadap keberhasilan siswa sangat tinggi, sehingga dapat dibuktikan dengan pemberian penghargaan sebagai salah stu cara pemberian semangat kepada siswa yang berhasil mencapai nilai bagus dalam pembelajaran fiqh. Pemberian penghargaan kepada siswa merupakan salah satuciri-ciri pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa, karena dengan cara seperti itu siswa akan berlomba-lomba untuk aktif, kreatif dan inofatifdalam melaksanakan pembelajaran.References
E. Mulyasa, Kurikulum Yang Disempurnakan Pengembangan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, (Bandung : Rosdakarya, 2006),
Harun Nasution, Islam Rasional, Gagasan Dan Pemikiran (Bandung :Nizan, 1995),
H.Khairuddin dan Mahfud Junaidi, Kurikulum Tingkta Satuan Pendidikan konsep dan Implementainya di Madrasa (Jogjakarta :Nuansara Aksara, 2007),
Imam Sah Ali Pandie, Didaktik Metodik Pendidikan Umum, (Surabaya : Usaha Nasional 1994)
Ismail SM,Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAKEM (Semarang : Rasail Media Gruop, 2008).
Moh. Rafa’i, Ilmu Fiqh Islam Lengkap (Semarang : Toha Putra 1998),
Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam (Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam Disekolah) Bandung :Remaja
Paulus Hariono, Mendongkrak Kwalitas Pendidikan (Semarang :Mutiara Wacana, 2008)
Rahmat, Belajar Cerdas, Belajar Berbasis Otak, (Bandung : MLC, 2005)
Ramayulis, H, Metodologi penelitian Agama Islam, Jakarta, Kalam Mulia, 2005
Sardiman, Interaksi Dan Motifasi belajar, (Jakarta : Raja Grafinda Persada, 2006)
Saipul Bahari Djamarah dan Azwar Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 1997
Zakiah Derajat Proyek Pembinaan Perguruan Tinggi Agama/IAIN, Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, (Jakarta: 1990/1991)
Zamroni, Paradigma Pendidikan Masa Depan, (Jakarta: Biografi Publising),2000.
Muhammad Nazir, Metode Penelitian, Cet III, (Jakarta: Rajawali, 2003
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).