Menajemen Pengembangan Sumber Daya Guru Pada Lembaga Pendidikan Madrasah

Samsuardi Samsuardi

Abstract


Tulisan ini berusaha menjelasakan konsep menajemen pengembagan sumber daya guru pada satuan pendidikan formal di Indonesia. Kajian tulisan ini mencoba menganalisis secara mendalam stategi pengembangan tenaga pendidik untuk mengetahui proses perencanaan, pembinaan dan pemberian kompensasi, penilaian serta pemberhentian. Hasil kajian menunjukan bahwa konsep menajemen sumber daya guru harus dilaksanakan mulai dari: (1) proses perencanaan dan rekrutmen tenaga pendidik sesuai kebutuhan dengan kebutuhan pihak sekolah, menentukan kriteria, serta mekanisme rekrutmen calon guru. (2) proses selanjutnya yaitu mengadakan pelatihan bagi peningkatan kualitas sumber daya guru melalui program MGMP, supervisi kepala sekolah, serta memberikan rekomendasai untuk melanjutkan studinya ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. (3). Proses pemberian kompensasi bagi para guru berdasarkan penilaian kinerja.

Kata Kunci:

Keywords


Menajemen; Pengembangan; Sumber daya guru

Full Text:

PDF

References


A. Samana, Profesionalisme Keguruan, Yogyakarta: Kanisius, 1994.

Abuddin Nata, Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2007.

Amru Shaleh, Manajemen Tenaga Pendidik Dan Kependidikan Kementerian Agama Kabupaten Bener Meriah, Banda Aceh: Program Pascasarjana IAIN Ar-Raniry, 2010.

Bustami, Pengaruh Pengembangan Professionalisme Guru SMP Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan Di Kabupaten Aceh Timur, Medan: Program Pascasarjana USU Medan, 2009.

Depag. Pedoman Pengembangan Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam, 2004.

Departemen Pendidikan Nasional, Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, Jakarta: t.p, 2001.

E. Mulyasa, Menjadi Kepala Sekolah Profesional: Dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.

Fred C. Lunenburg & Allan C. Ornstein, Education Administration: Concepts and Practices, (California: Wadsworth, Inc, 2004.

Hadawi Nawawi, dkk., Kebijakan Pendidikan di Indonesia, Yogyakarta: Gadjah Mada Press, 1994.

Haidir Putra Dauly, Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia, Jakarta, Prenada Media,2004.

Him Bafadal, Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar, Jakarta: Bumi Aksara, 2003.

http://makalahpersonilsekolahantonius.blogspot.com, diakses tgl 28-09-2012

http://mediaindonesia.com/index.php?ar_id=, di akses 8 febuari 2010.

Hujono, Kiat Mengajar Guru, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2001.

Ibrahim Bafadal, Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar Dari Sentralisasi Menuju Desentralisasi, (Jakarta: Bumi Aksara, 2003.

Iskandar, Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif), Jakarta: Gaung Persada Press, 2008.

M. Amin Thaib BR, dkk, Profesionalisme Pelaksanaan Pengawsan Pendidikan, Jakarta: DEPAG RI, 2005.

M. Ngalim Purwanto, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.

Made Pidarta, Manajemen Pendidikan Indonesia, Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Malayu Hasibuan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara, 2007

Malayu Hasibuan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Mangkuprawira, Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik, Jakarta: Ghalia Indonesia, 2003.

Mulyasa, Standar Kompetensi Sertifikasi Guru, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2007.

Omar Hamalik, Pendidikan Guru, Bandung: Remaja Rosda Karya,1991.

Roetiyah NK, Kompetensi Mengajar Guru, Jakarta: Gramedia, 1979.

Samani, Muclas dkk. Mengenai Sertifikasi Guru di Indonesia, Surabaya: SIC, 2006.

Strauss, Anselm & Corbin Juliet, Dasar-dasar Penelitian Kualitatif Tata Langkah dan Tehniktehnik Teoritisasi Data, Jogjakarta: Pustaka Pelajar, 2007.

Sugiono, Metodology Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan RD, Bandung: Alfabeta,2007.

Sulistiyo, Seminar Sertifikasi Guru Antara Profesionalisme dan Komersialisme, Semarang: Seminar Regional Fakultas tarbiyah IAIN Walisongo, 2007.

UU RI No. 20 Tentang SISDIKNAS Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Sinar Grafika, 2003.

Uzer Usman, 2002, Menjadi Guru Profesional, Edisi II cet Ke-4, Bandung: Remaja Rosda Karya,2002.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v5i1.172

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Ilmiah Pionir



View My Stats

View My Stats


Indexed By:

 


PIONIR: Jurnal Pendidikan
P-ISSN 2339-2495
E-ISSN 2549-6611

Publised by Prodi PGMI FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Flag Counter