Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Pada Sekolah Lanjutan Menengah Atas Dan Pengaruhnya Terhadap Pembangunan Karakter (Character Building)
DOI:
https://doi.org/10.22373/pjp.v4i2.175Abstract
Strategi pembelajaran adalah suatu hal yang penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Strategi ini idealnya dipilih sesuai dengan sifat atau karakter materi pelajaran itu sendiri. Pendidikan Agama Islam adalah satu salah mata pelajaran wajib di sekolah lanjutan menengah atas. Tujuan utama mata pelajaran ini adalah untuk membekali siswa dengan nilai-nilai ajaran Islam sehingga anak didik memiliki karakter yang islami. Pendidikan agama memiliki strategi yang tersendiri disamping strategi-strategi yang umum digunakan dalam pembelajaran mata pelajaran lain. Disamping itu pelajaran agama Islam juga memiliki tujuan khusus dalam pembentukan sikap disamping mencerdaskan akal. Sedangkan dalam mengevaluasi keberhasilannya pembelajaran agama Islam juga tidak hanya menilai kemampuan kognitif dan psiokomor saja, tetapi penilaian sikap lebih dipentingkan. Hal dapat dilakukan melalui teknik non test.References
Abuddin Nata, Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran, Jakarta, Kencana Prenada Media Group, Cet. I. 2009.
http://sinarharapan.co/news/read/31643/pemerintah-didesak-tertibkan-seks-bebas-di-aceh. Hasil penelitian ini dipublikasikan tgl. 29 Januari 2014 melalui Sinar Harapan. Diunduh tgl. 16 Oktober 2014.
http://lppm.serambimekkah.ac.id/download/penelitian/Abubakar/LAPORAN%20PENELITIAN%20KHALWAT.pdf. Diunduh tgl. 16 Oktober 2014.
Jamaluddin Idris, Analisis Kritis Mutu Pendidikan, Banda Aceh, Taufiqiyah Sa’adah, 2005.
Kebijakan Pembangunan Karakter Bangsa Pemerintah RI tahun 2010-2015.
M. Nasir Budiman. Pendidikan dalam Perspektif al-Quran. Jakarta, Madani Press, Cet. I, 2001
Mukhtar, Desain pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta,Misaka Galiza, 2003
Mustafa al-Ghalayaini, ‘Idhdhatu al-Nasyiin, Pekalongan, Maktabah Raja Murah, 1913.
Riduwan. Metode & Teknik Menyusun Tesis. Alfabeta, Bandung, 2004.
Permanik, Hubungan Antara Minat Belajar, Gaya Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa, Jakarta, Bina Aksara, 1991.
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).