PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK

Dini Susanti

Abstract


Pembelajaran di SD saat ini cenderung menggunakan LKPD yang dijual dari penerbit ke sekolah-sekolah. LKPD matematika yang banyak digunakan pada dasarnya belum sesuai dengan karakteristik peserta didik dan belum mengakomodasi peserta didik untuk dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dalam memecahkan masalah. Solusi ini diwujudkan dalam bentuk mengembangkan LKPD berbasis Discovery Learning yang valid, praktis, dan efektif. Model pembelajaran Discovery Learning merupakan model pembelajaran yang menekankan pemahaman  pada materi pembelajaran dengan melibatkan peserta didik secara aktif dan berfikir kreatif dalam proses pembelajaran. Hasil dari penelitian ini : pengembangan dengan model design research yang mengembangkan suatu produk. Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah LKPD matematika berbasis Discovery Learning untuk kelas IV SD Muahmmadiyah. Penelitian ini mengadopsi model Ploom yang terdiri atas 3 fase yaitu preliminary research, prototyping phase, dan assessment phase. LKPD yang dikembangkan divalidasi oleh ahli bahasa, isi dan konstruk. LKS kemudian diuijicobakan untuk melihat kepraktisan dan keefektifan dari LKPD tersebut. Kepraktisan dilihat melalui observasi pelaksanaan pembelajaran, angket respon peserta didik dan guru. Keefektifan dilihat melalui observasi aktivitas dan hasil pemikiran kreatif peserta didik dalam menemukan konsep pembelajaran. Selanjutnya  data dianalisis secara deskriptif. Manfaat dari hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai contoh LKPD untuk mata pelajaran matematika di kelas lainnya serta dapat membantu peserta didik dalam meningkatkan berpikir kreatif peserta didik dalam menemukan konsep pembelajaran sendiri dan dapat digunakan sebagai salah satu sumber belajar.

Keywords


Discovery Learning; LKPD

Full Text:

PDF

References


Aini, N., Wirasasmita, R. H., & Uska, M. Z. (2018). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 2(1), 34–41.

Anggela, D. L., Satria, T. G., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta didik (Lks) Matematika Berbasis Discovery Learning Pada Materi Statistika Untuk Peserta didik Kelas Iv Sd. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(2), 246–259.

Dewi, T. A. P., & Sadjiarto, A. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(4), 1909–1917.

Ekawati, R. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta didik Berorientasi Discovery Learning Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Menara Ilmu, 12(9).

Fajriyah, K., & Agustini, F. (2017). Analisis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta didik Kelas V Sd Pilot Project Kurikulum 2013 Di Kota Semarang. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 8(1).

Harahap, M., Mujib, A., & Nasution, A. S. (2022). Pengembangan Media Uno Math Untuk Mengukur Pemahaman Konsep Luas Bangun Datar. Afosj-Las (All Fields Of Science Journal Liaison Academia And Society), 2(1), 209–217.

Ilsa, A., Farida, F., & Harun, M. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Dengan Menggunakan Aplikasi Powerdirector 18 Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 288–300.

Marbun, L. P. S. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta didik Berbasis Open Ended Problem Pada Materi Pecahan Untuk Peserta didik Sekolah Dasar. Jurnal Education And Development, 7(3), 207–207.

Nasution, L. M. (2017). Statistik Deskriptif. Hikmah, 14(1), 49–55.

Nopitasari, E., Rahmawati, F. P., & Ratnawati, W. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Blog Pada Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1935–1941.

Pd, N. S. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta didik Berbasis Problem Based Learning Untuk Pembelajaran Matematika Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Education And Development, 4(2), 58–58.

Theresia, M. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Sd Materi Bangun Ruang Berbasis Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (Pmr). Jurnal Education And Development, 8(4), 385–385.

Yustianingsih, R., Syarifuddin, H., & Yerizon, Y. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas Viii. Jnpm (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 258–274.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v12i2.19599

Refbacks



Copyright (c) 2023 Dini Susanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

View My Stats


Indexed By:

 


PIONIR: Jurnal Pendidikan
P-ISSN 2339-2495
E-ISSN 2549-6611

Publised by Prodi PGMI FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Flag Counter