IMPLEMENTASI METODE SAS MENGGUNAKAN MEDIA LAGU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II SD NEGERI 4 BANDA ACEH
Abstract
Penelitian yg berjudul “ Implementasi Metode SAS memakai Media Lagu untuk memiliki Kemampuan Membaca Pemulaan peserta didik Kelas II Sekolah Dasar Negeri
4 Banda Aceh”, bertujuan buat mengetahui kegiatan pengajar serta siswa dalam implementasi metode SAS menggunakan media lagu dan mempercepat membaca siswa dan siswi melalui implementasi metode SAS menggunakan media lagu pada kelas II Sekolah Dasar Negeri 4 Banda Aceh. Penelitian ini memakai pendekatan kualitatif dan jenis penelitian PTK. Subjek pada penelitian peserta didik kelas II sebanyak 20 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi serta tes. pada analisa data menggunakan rumus distribusi frekuensi. Dasil penelitian dapat diketahui bahwa keatifan pengajar selama mengelola pembelajaran pada siklus I menerapkan metode SAS dan media lagu mencapai nilai presentase 75% dalam kategori baik. siklus II mengalami peningkatan menjadi 90% menggunakan kategori sangat baik. Keaktifan siswa pada proses pembelajaran pada siklus I dalam implementasi metode SAS dan media lagu mencapai nilai presentase 75,2% dengan kategori baik. Siklus II sangat mengalami peningkatan menjadi 90,25% dengan kategori sangat baik. Kemampuan membaca permulaan siswa di siklus I yaitu 60%, di siklus ke II naik sebagai 90%. Maka dari itu, bisa disimpulkan bahwa dengan impelemtasi yang di terapkan dalam metode SAS menggunakan media lagu dalam proses pembelajaran serta siswa sangat aktif dalam pembelajaran
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v12i3.20281
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Khadijah Khadijah Khadijah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.