Perencanaan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Project Based Learning Pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar

Muhammad Ferry Irawan, Zulhijrah Zulhijrah, Andi Prastowo

Abstract


Di era saat ini, siswa dituntut untuk memiliki keterampilan yang luas seperti keterampilan pemecahan masalah, berpikir kreatif, berkolaborasi, dan berkomunikasi. Pendekatan Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) dianggap sebagai cara pembelajaran yang dapat memfasilitasi pengembangan keterampilan tersebut karena melibatkan siswa dalam proyek-proyek berbasis kehidupan nyata. Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk lebih memahami bagaimana guru dapat merencanakan pembelajaran IPA yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar di OKU Timur. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pengumpulan data dilakukan melalui wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) dapat menjadi cara yang efektif dalam menerapkan Kurikulum Merdeka di sekolah dasar. Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek dalam kurikulum ini memberikan dampak positif pada pemahaman dan motivasi siswa dalam pembelajaran IPA

Keywords


Ilmu Pengetahuan Alam; Kurikulum Merdeka; Project Based Learning; Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Ahmad, S., Aryanti, D., & Kurniawan, R. (2023). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 13(2), Article 2.

Aisyah, S., Arisanti, K., & Yaqin, F. A. (2023). Adaptasi dan Inovasi Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menyambut Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4583

Akcanca, N. (2020). 21st Century Skills: The Predictive Role of Attitudes Regarding STEM Education and Problem-Based Learning. International Journal of Progressive Education, 16(5), 443–458.

Ardianti, Y., & Amalia, N. (2022). Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.55749

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications.

Fitri, H., Dasna, I. W., & Suharjo, S. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.28926/briliant.v3i2.187

Hadiasnyah, R. R., Pradhana, R. Y., & Mustiningsih, M. (2020). Dinamika Perubahan Kurikulum Di Indonesia. Seminar Nasional Arah Manajemen Sekolah Pada Masa Dan Pasca Pandemi Covid-19, 0, Article 0. http://conference.um.ac.id/index.php/apfip/article/view/424

Kusadi, N. M. R., Sriartha, I. P., & Kertih, I. W. (2020). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keterampilan Sosial Dan Berpikir Kreatif. Thinking Skills and Creativity Journal, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.23887/tscj.v3i1.24661

Kusuma, Y. Y. (2020). Peningkatan Hasil Belajar SIswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1460–1467. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.753

Makhrus, M., Harjono, A., Syukur, A., Bahri, S., & Muntari, M. (2019). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Terhadap Kesiapan Guru Sebagai “Role Model” Keterampilan Abad 21 Pada Pembelajaran IPA SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.29303/jppipa.v5i1.171

Mubarok, R. (2022). Perencanaan Pembelajaran Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Madrasah Ibtidaiyah. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.36835/au.v4i01.1096

Muhammedi, M. (2016). Perubahan Kurikulum Di Indonesia: Studi Kritis Tentang Upaya Menemukan Kurikulum Pendidikan Islam Yang Ideal. Jurnal Raudhah, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.30829/raudhah.v4i1.61

Nurhattati, Rahmawati, D., Rugaiyah, Ripki, A. J. H., & Wicaksono, D. (2023). The adaptability of school principal and teachers in curriculum design and lesson plan at COVID-19 pandemic. International Journal of Evaluation and Research in Education, 12(2), 1097–1104. Scopus. https://doi.org/10.11591/ijere.v12i2.24846

Pupik Dean, C. G., Grossman, P., Enumah, L., Herrmann, Z., & Kavanagh, S. S. (2023). Core practices for project-based learning: Learning from experienced practitioners in the United States. Teaching and Teacher Education, 133, 104275. https://doi.org/10.1016/j.tate.2023.104275

Reinita, R. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu dengan Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Journal of Moral and Civic Education, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.24036/8851412422020230

Saduakassova, A., Shynarbek, N., & Sagyndyk, N. (2023). Students’ perception towards project-based learning in enhancing 21st century skills in mathematics classes. Scientific Collection «InterConf», 150, 159–170.

Sari, R. T. (2017). Analisis Perencanaan Pembelajaran IPA pada Materi Ekosistem Kelas XII SMK Negeri 4 Padang. Jurnal VARIDIKA, 28(2), Article 2. https://doi.org/10.23917/varidika.v28i2.2710

Sarosa, S. (t.t.). Analisis Data Penelitian Kualitatif. PT Kanisius.

Sufiati, V., & Afifah, S. N. (2019). Peran perencanaan pembelajaran untuk performance mengajar guru pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26609

Suryapermana, N. (2017). Manajemen Perencanaan Pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 3(02), Article 02. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v3i02.1788

Suwandayani, B. I. (2018). Analisis Perencanaan Pembelajaran Tematik Pada Kurikulum 2013 di SD Negeri Kauman I Malang. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.30651/else.v2i1.1214

Suwastini, N. K. A., Puspawati, N. W. N., Adnyani, N. L. P. S., Dantes, G. R., & Rusnalasari, Z. D. (2021). Problem-based learning and 21st-century skills: Are they compatible? EduLite: Journal of English Education, Literature and Culture, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.30659/e.6.2.326-340

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718

Widiyanto, I. P., & Wahyuni, E. T. (2020). Implementasi Perencanaan Pembelajaran. Satya Sastraharing : Jurnal Manajemen, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.33363/satya-sastraharing.v4i2.607

Wijayanti, I., & Ekantini, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran IPAS MI/SD. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9597




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v12i3.20716

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhammad Ferry Irawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

View My Stats


Indexed By:

 


PIONIR: Jurnal Pendidikan
P-ISSN 2339-2495
E-ISSN 2549-6611

Publised by Prodi PGMI FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Flag Counter