KEPEMIMPINAN KANTOR PEMERINTAHAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KERJA

Jafar Abdurrahman

Abstract


Perkembangan dalam sebuah organisasi ataupun lembaga yang sedang dikelolanya, diperlukan sebuah kepemimpinan yang berkualitas. Kemungkinan berkembang atau tidaknya sebuah lembaga tersebut juga dipengaruhi oleh kualitas kerja setiap pimpinan dan para pekerja lainnya. Dalam penelitian ini akan menganalisis bagaimana kepemimpinan dalam sebuah kantor pemerintahan dapat meningkatkan kualitas kerja. Oleh karena itu, sebagaimana diketahui bahwa pimpinan yang baik harus memiliki pengetahuan, kedisiplinan, ketegasan dan keuletan dalam bekerja. Jadi setiap pemimpin harus memiliki kemampuan dan kemauan bekerja secara totalitas, karena berkembangnya sebuah lembaga tersebut tergantung kualitas kerja yang dilakukan. Bahkan tanggung jawab dan kesenangan para pekerja yaitu bawahan-bawahan ataupun karyawan-karyawan juga sangat berpengaruh terhadap kemajuan lembaga tersebut. Karena apabila para pekerja ataupun karyawan-karyawan memiliki rasa senang dalam bekerja, maka setiap yang dikerjakannya akan terasa ringan. Berdasarkan fenomena tersebut maka kepemipinan yang baik itu tergantung dari pimpinan dan para pekerja maupun karyawan-karyawannya. Hal ini dapat dibuktikan dengan kualitas yang harus dimiliki setiap personal tersebut secara loyalitas.

Keywords


Studi Analisis Kepemimpinan, Kualitas Kerja

References


Amalia Adhitya M , M. Djudi Mukzam dan Ika Ruhana, 2016, Pengaruh Perilaku Pemimpin terhadap Disiplin Kerja, Jurna Administrasi Bisnis, Vol 40 No 2.

Aryandi Rinalji, 2015, Studi Kepemimpinan Kepala Kantor dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Tenggarong, Jurnal Pemerintahan, Vol 3 No 2.

Lexy. J. Moleong, 2000, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Suharsimi Arikunto, 2000, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: PT. Rineka Cipta,

Sukarso dan Iskandar Putong, 2015, Kepemimpinan Kajian Teoritis dan Praktis, Yogyakarta: Andi.

Timotius, 2016, Kepemimpinan dan Kepengikutan Teori dan Perkembangannya, Yogyakarta: Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v6i2.3312

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PIONIR: Jurnal Pendidikan



View My Stats

View My Stats


Indexed By:

 


PIONIR: Jurnal Pendidikan
P-ISSN 2339-2495
E-ISSN 2549-6611

Publised by Prodi PGMI FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Flag Counter