VARIASI INDIVIDUAL DALAM PEMBELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.22373/pjp.v7i1.3327Keywords:
Variasi Individual, PembelajaranAbstract
Dalam proses pembelajaran, guru tidak cukup hanya dengan menyampaikan materi pelajaran saja atau yang biasa disebut dengan transfer ilmu. Karena di dalam pembelajaran terdapat beberapa aspek penilaian yang harus dilakukan guru terhadap siswanya yaitu aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotor. Oleh karena itu, demi terwujudnya tujuan belajar dengan hasil yang optimal, maka guru perlu mengenal karakteristik masing-masing siswa. Kita akan menjumpai bahwa variasi individual biasanya merupakan hasil interaksi antara pengaruh keturunan dan pengaruh lingkungan secara bersamaan, yang akhirnya menghasilkan manusia yang unik. Oleh karena itu sebagai seorang guru hendaknya mampu memahami karakteristik maupun sifat-sifat dari masing-masing individu atau siswanya. Dengan cara maupun metode yang khusus dan mengaplikasikannya langsung dalam pembelajaran sehingga mengetahui perbedaan peserta didiknya dan bagaimana cara untuk mengatasinya dengan cara-cara yang mudah di tangkap atau di pahami siswa.References
Anderson, J.B, Problem Solving and Learning American Psychologist, (New York: Lonhman, 1993).
Briggs, T.W, In The Classroom With Our All-USA Teachers, ( USA Today, 1998 November 24).
Chaplin, J.P. Dictionary 0f Psychology, Fifth Printing (New York: Dell Publishing Co Inc. 1972).
Lewis, R, Classroom Discipline and Student Responsibility; The Students’ view Teaching and Teacher Education, (Malden MA: Blackwell, 2011).
Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. (Bandung; PT. Remaja Rosdakarya Offset, 2007).
Sabri M Alisuf, Psikologi Pendidikan Berdasarkan Kurikulum Nasional: Gaya Belajar Siswa, cet.II, (Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 1996).
Santrock, John W, Psikologi Pendidikan: Perbedaan Individual dalam Belajar, ed: 2, cet, 4 (Jakarta: Kencana,2011).
Sunarto dan B. Agung Hartono, Perkembangan Peserta Didik. (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2006).
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: PT. Rineka Cipta 1997).
____________, Guru dan Anak Didik, (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2000).
Zaenal Mustakim, Strategi dan Metode Pembelajaran. (Pekalongan: STAIN Press, 2011).
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).