INOVASI KURIKULUM DI DAYAH SALAFIYAH DI ACEH (STUDI KASUS DAYAH MUDI MESRA SAMALANGA BIREUEN)
DOI:
https://doi.org/10.22373/pjp.v6i1.3345Keywords:
Inovasi Kurikulum, Dayah SalafiyahAbstract
Daya pendorong proses belajar bahasa Inggris di asrama putra Dayah MUDI Mesra Samalanga ialah adanya sarana, prasarana, bi’ah lughowiyyah atau suasana akan cukup memadai untuk memajukan santri untuk mampu berbicara dan menulis dalam bahasa Inggris. Sedangkan, faktor penghambat utama dalam proses belajar bahasa Inggris di asrama Putra Dayah MUDI Mesra Samalanga ialah sikap santri yang menganggap biasa hukumanhukuman yang diberikan. Ada kekhawatiran dari pihak pengasuh asrama dan pengajar jika hukuman itu bersifat hukuman fisik seperti dipukul akan menjadikan santri merasa dendam kepada pengajar atau senior yang memberi hukuman. Adanya hukuman untuk membentuk kedisiplinan seperti yang sekarang yang berjalan selama ini tidak memberikan efek jera kepada santri. Mereka menganggap biasa hukumanhukuman tersebut. Padahal dari pihak orangtua sudah menyerahkan kepada pengasuh dan pengajar untuk melatih dan mendidik santri terserah bagaimana cara pendidikannya.References
Arikunto, Suharsimi. 1996. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta Chaplin,
JP. 1958. Dictionary of Psychology. New York: Dell Publishing Depdiknas. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Dick, W. & L Cary. 1990. The Systematic Design of Instruction, Third Edition, New York: Harper Collins Huda,
Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Fatah, Abdul. 2011. Strategi Pondok Pesantren Attaqwa Putra Bekasi dalam Menerapkan Komunikasi Berbahasa Arab dan Inggris pada Santri. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah
Joyce, Bruce. Weil, Marshal. 1996. Models of Teaching. Boston: Allyn and Bacon.
Kemp, Jerrold E. 1977. Instructional Design: Plan for Unit and Course Development. New York: Holt, Rinehart & Winston.
Kurniawati, Erna Dwi. 2005. Metode Pengajaran Bahasa Arab dan Bahasa Inggris (Studi di Pesantren Putri Al Mawaddah Coper Jetis Ponorogo). Malang: UMM
Madjid, Nurcholish, 1997. Masyarakat Religius. Jakarta: Paramadina
Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.
Rais, Amien. 1987. Cakrawala Islam Antara Cita dan Fakta. Bandung: Mizan. Reber, Arthur S. 1995. The Penguin Dictionary of Psychology. California: University of California
Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press
Subyakto, Sri Utari. 1992. Metodologi Pengajaran Bahasa. Jakarta; PT Gramedia Pustaka Utama
Soedjoko, Prasodjo. 1982. Profil Pesantren, Jakarta. Penerbit LP3ES
Stephen, Isaac and Michael William. 1982. Handbook in Research and Evaluation. San Diego: Edits Publishers
Sugiyono. 2006. Teknik Penelitian. Yogyakarta: Pines
Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Wittig, Arno F. 1981. Psychology of Learning. New York: McGraw-Hill Book Company
Zamakhsyari, Dhofier. 1983. Tradisi Pesantren. Studi tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta: LP3ES
Zamakhsyari, Dhofier. 1984 Tradisi Pesantren. Jakarta: LP3ES
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).