LINGKUNGAN PEMBELAJARAN DAN HUBUNGANNYA DENGAN AKTIVITAS MUHADATSAH (STUDI IMPLEMENTASI PADA UPT MA’HAD DAN ASRAMA UIN AR-RANIRY BANDA ACEH)
DOI:
https://doi.org/10.22373/pjp.v5i2.3358Keywords:
Lingkungan, Muhadatsah, UPT. Ma’had dan Asrama UIN Ar-RaniryAbstract
Bahasa adalah alat komunikasi utama bagi manusia untuk berbagi ide, pemikiran, konsep, dan perasaan. Sebagai alat komunikasi, tentu saja, itu tidak dapat dipisahkan untuk umat manusia. Ini sangat penting dalam hidup. Komunikasi adalah salah satu hal penting dalam kehidupan manusia. Selain itu, berbicara tatap muka adalah cara komunikasi yang vital. Jika seseorang mampu berbicara dengan baik, sudah pasti bahwa dia mampu memberikan tujuan dan tujuannya dengan baik. Sebaliknya, jika seseorang tidak mampu berbicara dengan baik, itu mungkin menyebabkan kesalahpahaman dalam berkomunikasi. Dalam hal ini, bagaimana membangun lingkungan bahasa yang baik dalam kondisi belajar mengajar. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk meningkatkan kemampuan untuk berlatih bahasa Arab bagi mahasiswa UPT serta di asrama Ma'had dan UIN Ar-Raniry di Banda Aceh. Tidak hanya di asrama tapi juga di area universitas.References
Al-Abrasy, Muhammad Athiyah, Ruhu at-Tarbiyah Wa At-Ta’lim, Al-Qahirah: Dar Kutub Al-‘Arabiyah.
Al-Gholayani, Musthofa, Jami’ud Durus An-Nahwiyah, Bairut: Maktabah Mishriyah, 1989.
Barnadib, Sutari Irma, Pengantar Ilmu Pendidikan Sistematis, Yogyakarta: Andi Offset, 1995.
Darmanto, Purwanto, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1987.
Efendi,Fuad Efendi, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, Malang: Penerbit Misykah, 2005.
Online, Tersedia di: http://caturrinihistories.blogspot.co.id/2015/08/mahasantri.html.
Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad, Media Pengajaran: Penggunaan dan Pembuatannya, Bandung: Sinar Biru, 1990.
Sukamta, Ilmu Jiwa Umum, Yogyakarta: Yayasan Studi Islam dan Sosial, 2008.
Syah, Muhibbin, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.
Taringan, Hendri Guntur, Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan, Bandung: Angkasa, 1990.
Winkel, W.S., Psikologi Pengajaran, Jakarta: Grasindo, 1996.
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).