PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: DARI ACEH UNTUK INDONESIA
Abstract
Pendidikan merupakan investasi sumber daya manusia jangka panjang yang mempunyai nilai strategis bagi kelangsungan peradaban manusia di dunia. Oleh sebab itu, hampir semua negara menempatkan pendidikan sebagai sesuatu yang penting dan utama dalam konteks pembangunan bangsa dan negara. Begitu juga Indonesia menempatkan pendidikan sebagai sesuatu yang cukup urgen. Hal ini dapat dilihat dari isi Pembukaan UUD 1945 alinea IV yang menegaskan bahwa salah satu tujuan nasional bangsa Indonesia adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan di Indonesia dari sejarahnya mengalami beberapa kali perbaikan kurikulum mulai pada masa zaman penjajahan belanda, zaman jepang, pasca kemerdekaan. Menindak lanjuti Pembukaan UUD 1945 di atas, maka kemudiaan negara memasukkan ketentuan tentang pendidikan ke dalam Undang-Undang Dasar. Hal ini dilakukan karena misi membangun negara dan bangsa Indonesia yang cerdas kehidupannya hanya dapat dilakukan melalui pendidikan. Oleh karena itu, maka pemerintah juga memiliki tanggung jawab yang cukup besar dalam pelaksanaan pendidikan secara komprehensif. Baik kebijakan maupun praktik pelaksanaan pendidikan itu sendiri. Pendidikan agama Islam adalah suatu upaya memberikan pemahaman terhadap ajaran Islam benar melalui lembaga pendidikan formal. Pendidikan tersebut tidak sebatas memperkenalkan tataran ritual-formal peribadatan dan doktrin agama lainnya. Pengamalan ajaran itu diharapkan membuahkan hasil yang baik, yaitu mampu membentuk sikap dan tingkah laku terpuji.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Majid,dkk, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.
Ali Modhofir, Aplikasi Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan KTSP) dan Bahan Ajar dalam Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.
Arief Furchan, dkk. Pengembangan Kurikiulum Berbasis Kompetensi di Perguruan Tinggi Agama IslamYogyakarta: Pustaka Belajar,2005.
Binti Ma’unah, Pendidikan Kurikulum SD-MI. Surabaya: Elkaf, 2005.
Deden Cahaya Kusuma, “Analisis Komponen-komponen Pengembangan Kurikulum 2013 pada Bahan Uji Publik Kurikulum 2013”, Jurnal Analisis Komponen-komponen Pengembangan Kurikulum 2013, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Unifersitas Pendidikan Indonesia.
Depdikbud., Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1994.
Dokumen Kurikulum 2013, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2013.
E. Mulyasa, Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013: Perubahan dan Pengembangan Kurikulum 2013 Merupakan Persoalan Penting dan Genting.
Faisal, Kompetensi Guru MIN Kota Banda Aceh, Tesis. Banda Aceh: PPs IAIN Ar-Raniry, 2007.
Hamalik, Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum Bandung: Remaja Rosdakarya,2007.
¬¬¬_______, Model-Model Pengembangan Kurikulum, Bandung: PPs Universitas Pendidikan Indonesia,2000.
Hasan Langgulung, Asas-asas Pendidikan Islam, Jakarta : Pustaka al-Husna, 1988.
_______________, Pendidikan dan Peradaban Islam, Jakarta : Pustaka al-Husna, 2002.
Hasan Shadly, Ensiklopedia Islam, jilid V, Jakarta: Ikhtiar Baru Van Hoeve, 1983.
http://edukasi.kompas.com/red/2014/07/1809083118/Sejarah.Perubahan.Kurikulum. Diakses 05 Januari 2015
http://kurikulum2013.kemdikbud.go.id/presentasi/slide/97
http://www. kompas hari ini. blogspot .com/2014/08/ kompas-edisi-29Agustus-2014,html?m=1. Akses 5 Januari 2015.
Imas Kurinasih & Berlin Sani. Implementasi Kurikulum 2013 konsep dan penerapan). Surabaya: Kata Pena, 2014.
John M. Eclois dan Hasan Shadily, Kamus Indonesia Inggris, Jakarta: Gramedia, 1997.
Kunandar, Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008.
M. Ahmad, Dkk, Pengembangan Kurikulum, Bandung : Pustaka Setia,1998.
M. Arifin, Ilmu Pendidikan Islam Jakarta: Bumi Aksara, 2003.
M. Atho’ Mudzar, Menuju Penelitian Keagamaan Dalam Sosial Cirebon: Pusat Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Islam, 1996.
M. Nasir Budiman, Ilmu Pendidikan Islam, Darussalam Banda Aceh, Fakultas Tarbiyah IAIN Ar-Raniry, 1999.
Mahmout Syaltuot, Islam, Aqidah, dan Syari`at, Cet. I Darul `Am : At-Tabi`atus Tsalisah, 1966.
Mida Latifatul Muzamiroh, Kupas Tuntas Kurikulum 2013 – Kelebihan dan Kekurangan Kurikulum 2013 Jakarta: Kata Pena, 2013.
Mimin Haryati, Model dan Teknik Penilaian pada Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta: Gaung Persada Press, 2008.
Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam; di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi, Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2005.
_________, Rekontruksi Pendidikan Islam, Jakarta : rajawali Press, 2009.
Muhammad Zaini, Pengembangan Kurikulum Konsep Implementasi Evaluasi Dan Inovasi). Yogyakarta: Teras, 2009.
Muhammad Joko Susilo, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.
Muhammad Yani, Sertifikasi Guru dan Kaitannya dengan Motivasi Kerja bagi Guru-Guru Madrasah Se Kota Banda Aceh, Tesis. Banda Aceh: PPs IAIN Ar-Raniry, 2008.
Noeng Muhajir, Metodologi Penelitian Kualitatif, Cet Ke-7. Yogyakarta: Rakesurin, 1998.
Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pengajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 1995
_____________, Manajemen Implementasi Kurikulum: Bagi Pengembang, Pengelola dan Pengawas Bandung: SPS UPI, 2006.
Permendikbud No. 68 Tahun 2013 Tentang Kurikulum SMP/MTs Jakarta: Kemendikbud. Republik Indonesia.2013.
Permendikbud Nomor 54 Tahun 2013 Tentang Standar Kelulusan, Jakarta: Kemendikbud RI, 2013.
Permendikbud Nomor 69 Tahun 2013, Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah, Jakarta: Kemendikbud RI, 2013.
PMA Nomor 16 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan Pendidikan Agama, Jakarta: Kemenag RI, 2010.
PMA Nomor 16 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan Pendidikan Agama Jakarta: Kemenag. Republik Indonesia.2010.
PP Nomor 55 Tahun 2007 Tentang Pendidikan Agama Dan Pendidikan Keagamaan Jakarta: Kemendikbud. Republik Indonesia.2007.
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Kalam Mulia, 2004.
Rusman, Manajemen Kurikulum Jakarta : Rajawali Pers, 2009.
Sanafiah Faisal dan Mulyadi Guntur Waseso Metodologi Penelitian Pendidikan Surabaya: Usaha Nasional, 1981.
Sidi Ghazalba, Mesjid Sebagai Pusat Ibadah dan Kebudayaan Islam, Jakarta : Pustaka Antara, 1990.
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Jakarta: Rineka Cipta, 1997.
Sutrisno Hadi, Metodologi Research Yogyakarta: UGM, 1976.
Syarifuddin Nurdin, Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum, Cet. Ke-III. Ciputat: Quantum Teaching, 2005.
Syaifuddin Sabda, Model Kurikulum Terpadu Iptek dan Imtaq (Desain Pengembangan dan Implementasi), Jakarta: Ciputat Press Groop, 2006.
T. Raka Joni, Pedoman Umum Alat Penilaian Kemampuan Guru Jakarta: Dirjen Pendidikan Tinggi Depdikbud, 1984.
Tasman-Hamami, Pemikiran Pendidikan Islam, dalam ringkasan Desertasi Program Pasca Sarjana UIN Yogyakarta, 2006.
UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bandung : Citra Umbara, 2003.
Zainal Arifin, Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum, Bandung:Remaja Rosdakarya, 2012.
Zulhelmi A. Rahman, Persepsi Siswa Madrasah Aliyah Kota Banda Aceh Terhadap Kompetensi Guru Studi Evaluatif Terhadap Dimensi Kepribadian Tesis. Banda Aceh: PPs IAIN Ar-Raniry, 2005.
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v7i2.3866
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 PIONIR: Jurnal Pendidikan