KEMAMPUAN PENGUASAAN BAHASA INDONESIA MAHASISWA PRODI PGMI IAIN LHOKSEMAWE
DOI:
https://doi.org/10.22373/pjp.v8i1.4584Keywords:
Penguasaan Konsep, Peningkatan Kemampuan Mahasiswa PGMIAbstract
Prodi PGMI membekali kompetensi profesional para mahasiswa melalui beberapa mata kuliah bidang keahlian antara lain: Bahasa Indonesia MI-I dan II. Dengan mata kuliah ini diharapkan mahasiswa sudah memiliki kemampuan dalam melakukan proses pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menguasai ketiga konsep tersebut dengan luas dan mendalam. Berdasarkan penelitian pendahuluan diperoleh data bahwa penguasaan konsep Bahasa Indonesia mahasiswa prodi PGMI masih berada pada kategori rendah. Selain itu, mereka juga mengalami beberapa kesulitan dalam mempelajari konsep-konsep tersebut. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut maka ada beberapa permasalahan yang ingin dijawab dalam penelitian ini yaitu: bagaimanakah kemampuan tingkat penguasaan konsep Bahasa Indonesia mahasiswa prodi PGMI, kesulitan-kesulitan apakah yang dihadapi mahasiswa prodi PGMI dalam menguasai konsep Bahasa Indonesia, dan bagaimanakah upaya jurusan PGMI dalam memanfaakan hasil penelitian penguasaan konsep dan kesulitan materi Bahasa Indonesia untuk peningkatan kompetensi mahasiswa PGMI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan desain studi kasus. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes penguasaan konsep dengan soal tes, dan teknik wawancara dengan menggunakan pedoman wawancara terstruktur serta studi dokumentasi. Pengolahan data dianalisis sederhana dengan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penguasaan konsep konsep Bahasa Indonesia berada pada kategori baik. Sedangkan kesulitan yang dihadapi pada ketiga bidang tersebut adalah kurangnya praktek langsung dan media dalam mempelajari teori. Oleh sebab itu prodi PGMI akan menindaklanjuti hasil penelitian ini dengan perbaikan kurikulum dan pembelajaran.
References
Nasucha dkk, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta: PT Grafindo Persada, 2007).
Kamari, Peningkatan Pendidikan Guru sebagai Upaya Memantapkan Kualitas Mengajar, (Jakarta: Universitas Terbuka, 2000).
Sukmadinata N, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007).
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).