KEMAMPUAN PENGUASAAN BAHASA INDONESIA MAHASISWA PRODI PGMI IAIN LHOKSEMAWE
Abstract
Prodi PGMI membekali kompetensi profesional para mahasiswa melalui beberapa mata kuliah bidang keahlian antara lain: Bahasa Indonesia MI-I dan II. Dengan mata kuliah ini diharapkan mahasiswa sudah memiliki kemampuan dalam melakukan proses pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menguasai ketiga konsep tersebut dengan luas dan mendalam. Berdasarkan penelitian pendahuluan diperoleh data bahwa penguasaan konsep Bahasa Indonesia mahasiswa prodi PGMI masih berada pada kategori rendah. Selain itu, mereka juga mengalami beberapa kesulitan dalam mempelajari konsep-konsep tersebut. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut maka ada beberapa permasalahan yang ingin dijawab dalam penelitian ini yaitu: bagaimanakah kemampuan tingkat penguasaan konsep Bahasa Indonesia mahasiswa prodi PGMI, kesulitan-kesulitan apakah yang dihadapi mahasiswa prodi PGMI dalam menguasai konsep Bahasa Indonesia, dan bagaimanakah upaya jurusan PGMI dalam memanfaakan hasil penelitian penguasaan konsep dan kesulitan materi Bahasa Indonesia untuk peningkatan kompetensi mahasiswa PGMI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan desain studi kasus. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes penguasaan konsep dengan soal tes, dan teknik wawancara dengan menggunakan pedoman wawancara terstruktur serta studi dokumentasi. Pengolahan data dianalisis sederhana dengan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penguasaan konsep konsep Bahasa Indonesia berada pada kategori baik. Sedangkan kesulitan yang dihadapi pada ketiga bidang tersebut adalah kurangnya praktek langsung dan media dalam mempelajari teori. Oleh sebab itu prodi PGMI akan menindaklanjuti hasil penelitian ini dengan perbaikan kurikulum dan pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Nasucha dkk, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta: PT Grafindo Persada, 2007).
Kamari, Peningkatan Pendidikan Guru sebagai Upaya Memantapkan Kualitas Mengajar, (Jakarta: Universitas Terbuka, 2000).
Sukmadinata N, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007).
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v8i1.4584
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 PIONIR: Jurnal Pendidikan