PENGARUH FASILITAS MASJID FATHUN QARIB UIN AR-RANIRY TERHADAP MOTIVASI MAHASISWA UNTUK MELAKSANAKAN SHALAT BERJAMA’AH
DOI:
https://doi.org/10.22373/pjp.v8i1.4593Keywords:
Motivasi, Shalat Berjama’ahAbstract
Semua mahasiswa yang belajar di UIN Ar-Raniry adalah beragama Islam dan tujuan utama pendidikannya adalah untuk membangun kepribadian yang islami di samping menjadikannya sebagai sarjana. Oleh karena itu, mahasiswa di UIN Ar-Raniry seharusnya menjadikan masjid sebagai sentral kegiatannya terutama untuk shalat secara berjama’ah. Namun kenyataan sebaliknya, di mana masjid selalu sepi dari kegiatan kemahasiswaan meskipun untuk shalat Zuhur secara berjama’ah, padahal pada masa ini sebagian besar mahasiswa masih atau sedang berada di lingkungan kampus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa alasan utama mahasiswa kurang termotivasi untuk melaksanakan shalat berjama’ah di masjid Fathun Qarib adalah karena keadaan atau fasilitas masjid yang belum dapat memberikan kemudahan dan rasa nyaman untuk melaksanakan shalat dan beristirahat. Bagi mahasiswa beristirahat sejenak setelah shalat untuk menunggu jam kuliah selanjutnya adalah suatu hal yang penting.
References
Azhari Bashar, Peran Legeslatif dalam Pembinaan Mesjid, dalam Kumpulan Makalah dan Hasil Musyawarah Pengurus Mesjid Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, 2006.
Chairuddin Hadhiri, Klasifikasi Kandungan Al-Quran. Jakarta: Gema Insani, 1996.
Elida Prayitno, Motivasi Dalam Belajar. Jakarta: Depdikbud P3 LPTK, 1989.
Mochtar Buchori, Psikologi Pendidikan. Bandung: Bapensi, 1961.
Nana Syaodih Sukmadinata, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung, Remaja Rosda Karya, 2005.
Nurkacana dan Sumartana, Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional, 1996.
Rochman Natawijaya, Proses Penyusunan Skala Sikap. Bandung: IKIP Bandung, 1993.
Permanik, Hubungan Antara Minat Belajar, Gaya Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa, Jakarta: Bina Aksara, 1991.
Pusat Islam University Teknologi Malaysia & Institut Agama Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Masjid Inovatif Peringkat Antarabangsa, Berinovasi dalam Pengurusan Masjid, 2013.
Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers, 1990.
Siswanto, Panduan Praktis Organisasi Remaja Mesjid, Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2005.
Slameto, Belajar dan Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta, 2003.
Sri Esti W. Djiwandono, Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia, 2004.
Sudjana, Metode Statistika. Bandung: Tarsito, 1996.
Suharsimi Arikunto, Manajemen Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara, 1999.
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
Surachmad, Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remadja Rosdakarya, 2003.
Wasty Soemanto, Psikologi Pendidikan Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2003
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).