KELAYAKAN LKS TERINTEGRASI NILAI AGAMA UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB
DOI:
https://doi.org/10.22373/pjp.v8i2.6224Keywords:
LKS, Integrasi, Karakter Tanggung JawabAbstract
Lembar kegiatan siswa yang digunakan di sekolah berisi kumpulan soal-soal, sehingga membuat siswa jenuh dalam proses pembelajaran. Lembar kegiatan siswa yang digunakan juga masih belum diintegrasikan ke dalam nilai agama, sehingga kurang tertanam nilai keagamaan pada diri siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kelayakan LKS terintegrasi nilai agama untuk mengembangkan karakter tanggung jawab. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Research and Development (R & D). Pengumpulan data yaitu dengan dokumentasi, observasi dan angket respon siswa. Analisis angket validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli bahasa dan hasil penilaian dari responden dengan menggunakan skala likert. Uji validasi ahli materi diperoleh hasil 82%, uji validasi ahli bahasa diperoleh hasil 71% dan uji validasi yang didapat melalui responden dikonvensasikan dalam bentuk presentase dengan angka 87%. Berdasarkan hasil uji validasi ahli materi, ahli bahasa dan responden dapat dikatakan bahwa lembar kegiatan siswa terintegrasi nilai agama untuk mengembangkan karakter tanggung jawab dalam kriteria layak.
References
Departemen Pendidikan Nasional, Panduan Pengembangan Bahan Ajar, (Jakarta: Depdiknas, 2008).
Hasyim, Metode Penelitian dan Pengembangan di Sekolah, (Yogyakarta: Media Akademi, 2016).
Panduwinata, Andika, Buku Anak SD di Tangsel Terdapat Konten Narkoba, (online) http://wartakota.tribunnews.com/2016/10/26/buku-anak-sd-di-tangsel-terdapat-konten-narkoba, 26 Oktober 2016.
Riduwan, Skala Pengukuran Variabel-V ariabel Penelitian, (Bandung: Alfabeta, 2012).
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2016).
Wulandari, dkk, 2017, Pengembangan Model Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Untuk Menumbuhkan Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa Kelas 5 Di SDIT Kota Bogor, Procedding 2ndInternasional Multiliteracy Conference And Workshop For Students And Teachers Bandung 5-6 Oktober 2017.
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).