PENGGUNAAN LACI AJAIB MUTIARA EMAS SEBAGAI ALAT PERAGA SEDERHANA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK
DOI:
https://doi.org/10.22373/pjp.v8i2.6225Keywords:
Alat Peraga, Pembelajaran Tematik, Laci Ajaib Mutiara EmasAbstract
Dalam proses pembelajaran memerlukan sebuah media yang penggunaanya di integrasikan dengan tujuan dan isi atau materi pelajaran yang dimaksudkan untuk mengoptimalkan pencapaian suatu tujuan pengajaran yang telah ditetapkan. Alat peraga dibutuhkan untuk menjelaskan pembelajaran yang bersifat abstrak. Permasalahan yang muncul adalah sukarnya menemukan alat peraga dalam pembelajaran tematik, sehingga penulis mencoba untuk merancang dengan mengaplikasikan sebuah alat peraga tematik yang diberinama "Laci Ajaib Mutiara Emas” untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan keaktifan siswa yang selama ini masih rendah. Untuk menjawab permasalahan tersebut diatas, penulis membuat rumusan masalah yaitu: (a) apakah dengan menggunakan alat peraga Laci Ajaib Mutiara Emas dapat meningkatkan hasil belajar siswa (b) apakah dengan menggunakan alat peraga Laci Ajaib Mutiara Emas dapat meningkatkan keaktifan siswa. Untuk mengetahui keberhasilan pembuatan dan penggunaan alat peraga sederhana Laci Ajaib Mutiara Emas. Peneliti melakukan penelitian pada kelas II Ibnu Quthaybah MIN Banda Aceh tahun pelajaran 2016/2017. Jumlah siswa 43 orang yang terdiri dari 27 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Alat peraga Laci Ajaib Mutiara Emas berhasil membantu siswa dalam pembelajaran tematik (2) Alat Peraga Laci Ajaib Mutiara Emas berhasil membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran baik dalam mengajukan pertanyaan maupun menjawab pertanyaan
References
Hamzah B. Uno dan Nurdin Mohammad, Belajar dengan Pendekatan PAILKEM, Jakarta: Bumi Aksara, 2011
Imam Muslim, Shahih Muslim, Bairut: Dar Al-Kutub Al-Amaliyah Juz 10, 1994
Kusnandar, Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan sukse dalam Sertifikasi Guru, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2007
Mulyasa, E, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakterisyik dan Implementasinya, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2004
Sya’ban Jamil, 101 Game Cerdas dan Kreatif,(Jakarta: Penebar Plus+, 2009
Team BPSDMK dan pmp, Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar, Jakarta: Depdiknas, 2012
Trianto, Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anaku usia Dini TK/RA & Anak Usia Kelas Awal SD/MI, Jakarta:Kencana Prenada Media Group, 2011
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).